Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3

 

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum wr. wb.
Selamat pagi ananda siswa kelas 5D, semoga selalu sehat dan tetap semangat belajar dari rumah. Hari ini kita akan kembali belajar pembelajaran tematik Tema 1 Subtema 2. Disimak ya, materi pelajaran berikut!

TEMA 1. ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA
SUBTEMA 2. MANUSIA DAN LINGKUNGAN
MUATAN : PPKn(KD 3.1), BAHASA INDONESIA (3.1), IPS (KD 3.1)

Pembelajaran 3

Indonesia merupakan bangsa yang dikaruniai Tuhan dengan sumber daya alam yang sangat beragam dan melimpah. Mulai dari keragaman potensi alamnya, sampai keadaan penduduknya. 

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya biotik (hidup) dan abiotik (tak hidup). Sumber daya alam diantaranya perikanan, terumbu karang, pertanian, perkebunan, pertambangan, dan minyak bumi. 

Indonesia juga kaya akan sumber daya manusia. Menurut kepala Badan Informasi Geospasial, jumlah penduduk Indonesia sekarang ini sekitar 254 juta jiwa. Penduduk tersebut tersebar di 13.466 pulau yang ada di Indonesia. Masing-masing pulau dan wilayah memiliki beragam suku, adat, budaya, ras, agama, dan golongan. Dari sekian banyak penduduk tersebut juga terdiri atas beragam latar belakang pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya.

Tampak pada peta Pulau Jawa dan Bali yang paling padat penduduknya, yaitu 600 – 1300 penduduk/km persegi, disusul Lampung dan Nusa Tenggara Barat dengan kepadatan 200-600 pendudukan/km persegi. Pulau yang paling sedikit penduduknya adalah Papua, selain itu ada juga beberara daerah yang jarang penduduknya seperti maluku, kalimantan, dan sulawesi.
 

Wilayah Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan juga memengaruhi terbentuknya keberagaman suku bangsa. Berikut ini adalah beberapa suku yang tersebar di Indonesia.

NAMA PULAU

NAMA SUKU

Sumatera

Aceh, Alas, Gayo, Minangkabau, Sakai, Batak, Melayu, Kerinci, Enggano, Rambang Singkil, Kubu, Talang Mamak, Rejang, Pubian

Jawa

Jawa, Betawi, Sunda, Badui Tengger, Samin, Madura

Kalimantan

Dayak, Kutai, Berau, Tidung, Maanan, Banjar, Bahau, Punan, Kenyah

Bali dan Nusa Tenggara

Bali, Sasak, Sumba, Donggo, Rote, Sewu, Flores, Dawan, Bunak

Sulawesi

Sangir, Talaud, Minahasa, Bolaang, Mongondow, Gorontalo, Bugis, Toraja, Mandar Mori, Butung, Tolaki, Kaili

Maluku

Ambon, Bacan, Kei, Tanimbar

Papua

Dani, Biak, Asmat, Sentani

Adanya perbedaan suku bangsa juga memengaruhi agama yang dianut. 

Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Kebanyakan penduduk di Pulau Papua beragama Kristen. Sedangkan di Pulau Bali kebanyakan penduduknya beragama Hindu. Hampir di setiap daerah ada keberagaman agama, sehingga kita harus saling menghargai dan menghormati.

Menjaga kerukunan antar umat beragama merupakan salah satu contoh nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud merupakan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila. 

Nilai Luhur Sila Ketuhanan Yang Maha Esa

  • Keyakinan terhadap adanya Tuhan yang Maha Esa dengan sifat- sifatnya yang Maha Sempurna.
  • Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dengan cara menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
  • Saling menghormati dan toleransi antara pemeluk agama yang berbeda-beda.
  • Kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Nilai Luhur Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

  • Pengakuan terhadap harkat dan martabat manusia.
  • Pengakuan terhadap keberadaan manusia sebagai makhluk mulia ciptaan Tuhan.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan harus mendapat perlakuan yang adil.
  • Mengembangkan sikap tenggang rasa agar tidak berbuat semena-mena terhadap orang lain.

Nilai Sila Persatuan Indonesia

  • Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  • Cinta tanah air dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa.
  • Pengakuan terhadap keragaman suku bangsa dan budaya, sekaligus mendorong ke arah pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa.

Nilai Luhur Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

  • Kedaulatan negara ada di tangan rakyat.
  • Manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.
  • Musyawarah untuk mencapai mufakat dilakukan dengan semangat kekeluargaan.

Nilai Luhur Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

  • Mewujudkan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, dan pertahanan keamanan nasional.
  • Keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak-hak orang lain.
  • Bersikap adil dan gemar menolong orang lain.
  • Melakukan perbuatan-perbuatan terpuji yang mencerminkan sikap kekeluargaan dan kegotong-royongan.
  • Cinta terhadap kemajuan dan pembangunan bangsa, baik material maupun spiritual.

Tugas Hari Rabu, 28 Juli 2021

Kerjakan tugas berikut di buku latihan tematikmu! Jawablah dengan singkat dan jelas.

1. Tuliskan 5 sumber daya alam di Indonesia yang kamu ketahui!
2. Pulau besar yang paling padat penduduknya adalah pulau . . . , sedangkan pulau besar yang paling sedikir penduduknya adalah pulau . . .
3. Tuliskan masing-masing 3 nama suku yang terdapat di pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan!
4. Mayoritas penduduk di pulau Sulawesi menganut agama . . ., sedangkan di pulau Bali mayoritas penduduknya menganut agama . . .
5. Tuliskan 5 contoh perbuatan yang sesuai dengan sila-sila pancasila (masing-masing sila satu contoh)!

Selamat mengerjakan tugas, ananda kelas 5D!
Wassalamualaikum wr. wb.

Comments

  1. M.Raid Al Farizi kls 5 hadir bu

    ReplyDelete
  2. Pram herdiawan kelas 5D Hadirr bu

    ReplyDelete
  3. Desmy Melyana kelas 5D hadir

    ReplyDelete
  4. Aqri Raihan Bustami kelas 5 D hadir

    ReplyDelete
  5. Bu mica terimakasih atas ilmunya..
    Nara Aulia Rizqita Ananta kelas 5d(Hadir)

    ReplyDelete
  6. Terima kasih bu Mica untuk materinya 😊
    Qeysha Sandhioriva Azzahra, 5d

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6