TEMA 8 SUBTEMA 1 (ATURAN KESELAMATAN DI RUMAH)
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
II
Tema :
VIII / Keselamatan
di Rumah dan di Perjalanan
Subtema : I
/ Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 2
Kompetensi Dasar
PPKn
3.2 Memahami tata tertibdan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib
dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.
Bahasa
Indonesia
3.2 Memahami tata tertibdan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar ayah dan ibu
menjelaskanaturan ketika lari pagi, siswa dapat menyebutkan aturanyang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumahdengan bahasa yang santun.
2. Dengan bimbingan
guru, siswa dapat membiasakan dirimelaksanakan aturan di lingkungan keluarga
dengan jujur.
3. Dengan tanya jawab, siswa dapat
mengidentifikasiberbagai kegiatan yang sering dilakukan sebelummelakukan
aktivitas fisik dengan teliti.
4. Dengan tanya
jawab, siswa dapat mengelompokkankegiatan yang boleh dilakukan sebelum
melakukanaktivitas fisik dengan teliti.
5. Dengan
penugasan, siswa dapat menceritakan kegiatanyang boleh dilakukan sebelum
melakukan aktivitas fisikdengan bahasa yang santun.
6. Dengan membaca
teks, siswa dapat menemukan isiteks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun
dalamkemajemukan keluarga dengan teliti.
7. Dengan membaca
teks, siswa dapat menjawab pertanyaansesuai dengan isi teks dengan teliti.
8. Dengan
penugasan, siswa dapat menulis teks permintaanmaaf sederhana tentang sikap
hidup rukun dalamkemajemukan keluarga dengan jujur.
9. Dengan mengamati
jam, siswa dapat menyebutkan satuanwaktu (detik, menit, dan jam) dengan teliti.
10. Dengan menggunakan kesetaraan satuan waktu,
siswadapat memecahkan masalah yang berkaitan denganwaktu dengan tanggung jawab.
11. Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menyebutkanberbagai sumber energi dengan bahasa yang santun.
12. Dengan penugasan, siswa dapat menentukan
sumberenergi yang dapat menggerakan benda dengan bertanggung
jawab.
Materi
Pembelajaran
Udin dan teman-teman
berbeda agama. Mereka selalu hidup rukun walaupun berbeda
agama. Mereka menunjukkan sikap persatuan dalam keberagaman. Sikap mereka pantas untuk ditiru. Tahukah
kamu contoh kegiatan bermain lainnya yang membutuhkan persatuan?
Aku dan teman-teman suka bermain sepak bola. Kami berbeda agama. Walaupun kami berbeda agama, kami tetap
bermain bersama dan kompak. Kami juga saling mendukung dan tidak saling
menyalahkan atau mengejek. Dengan sikap itu, kami dapat meraih kemenangan.
TUGAS!
Susunlah kata-kata berikut menjadi sebuah kalimat yang
utuh!
4.
Bagaimana sikap kita kepada teman yang berbeda agama?
5.
Coba tuliskan 1 contoh permainan yang menunjukkan
persatuan!
Comments
Post a Comment