TEMA 8 SUBTEMA 1 (ATURAN KESELAMATAN DI RUMAH)
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : VIII
/ Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan
Subtema : I / Aturan
Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 4&5
Kompetensi Dasar
PPKn
3.2
Memahami tata tertibdan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumahdan di sekolah.
4.2
Melaksanakan tata tertib dan aturan
dilingkungan keluarga dan sekolah.
Bahasa Indonesia
3.2
Memahami tata tertibdan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif
yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya
memeriksa kebenaran jawabnya.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.7 Menyanyikan lagu anak anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang
bermakna.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan aturanyang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumahdengan bahasa yang santun.
2. Dengan mengisi tabel skala sikap, siswa dapatmenunjukkan sikap
melaksanakan aturan di lingkunganrumah dengan jujur.
3. Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapatmengidentifikasi pola
irama bervariasi dengan teliti.
4. Dengan menggunakan irama lagu “Teman di Mana-mana”,siswa dapat membuat
lagu anak-anak sederhana dengankata-kata sendiri yang bermakna dengan tanggung
jawab.
5. Dengan tanya jawab, siswa dapat memprediksi isi tekspermintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalamkemajemukan keluarga dengan teliti.
6. Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks permintaanmaaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukankeluarga dengan bahasa yang santun.
7. Dengan
membaca teks, siswa dapat menceritakan bentukpermintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam keluarga
berdasarkan teks yang dibaca secara mandiridengan bahasa yang santun.
Materi
Pembelajaran
Tanda
“ < ” berarti tekanan nada lemah.
TUGAS!
Amati gambar berikut dengan teliti! Tulislah kalimat yang sesuai
berdasarkan gambar! Perhatikan penggunaan tanda titik dengan benar!
1.
2.
Tuliskanlah tanda waktu yang
ditunjukkan oleh jam berikut dengan benar!
3.
4.
5.
Buatlah kalimat
tanya dari gambar di atas!
Comments
Post a Comment