TEMA 8 SUBTEMA 1 (ATURAN KESELAMATAN DI RUMAH)
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
II
Tema :
VIII / Keselamatan
di Rumah dan di Perjalanan
Subtema : I
/ Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
PPKn
3.2 Memahami tata tertibdan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib
dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.
Bahasa
Indonesia
3.2 Memahami tata tertibdan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan
masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian,
waktu, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menjawab
pertanyaan berdasarkan
isi teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga dengan tanggungjawab.
2. Dengan penugasan, siswa dapat mendemonstrasikan isi teks permintaan maaf dalam menjaga kerukunan hidupdalam keluarga dengan bahasa yang santun.
3. Dengan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan
aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumahdengan bahasa
yang santun.
4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membiasakan
diri melaksanakan
aturan di lingkungan keluarga dengan jujur.
5. Dengan menggunakan salah satu alat musik ritmis,
siswadapat mengidentifikasi pola irama rata dengan alat music ritmis dengan teliti.
6. Dengan diiringi alat musik ritmis, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak sederhana
dengan kata-kata yang bermakna
dengan tanggung jawab.
7. Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat membaca waktu yang ditunjukkan oleh
jam dengan menggunakan satuan
waktu (jam, menit) dengan teliti.
8. Dengan penugasan, siswa dapat menyelesaikan pemecahan masalah yang
berkaitan dengan satuan waktu dengan tanggung jawab.
9. Dengan penugasan, siswa dapat memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan waktu secara teliti.
Materi
Pembelajaran
Bacalah
kalimat-kalimat tanya berikut dengan nyaring!
1.
Naik apa tadi ke sini?
2.
Siapa saja yang diundang Udin?
3.
Pukul berapa acaranya dimulai?
4.
Di mana ibu guru, ya?
5.
Bagaimana kalau sambil menunggu kita minum saja dulu?
Kalimat-kalimat
di atas merupakan kalimat tanya. Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya,
bukan?
Kalimat
tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.
Udin
dan teman-teman berdoa bersama sebelum minum. Berdoa merupakan salah satu contoh perwujudan menjalankan ibadah. Mereka berdoa sesuai ajaran agama masing-masing.
Mereka tidak saling memaksakan kehendak. Udin dan
teman-teman menunjukkan sikap hidup rukun. Sikap hidup rukun merupakan wujud
persatuan dalam keragaman.
Ada
bilangan 1 sampai dengan 12, bukan?
Sehari
semalam ada 24 jam.
Jadi
dalam sehari, jam berputar penuh sebanyak 2 kali.
Setelah
pukul 12.00 siang, penulisan waktu tidak kembali ke pukul 01.00. Penulisan
diteruskan ke pukul 13.00 hingga pukul 24.00. Pukul 24.00 sama dengan pukul 12
malam.
TUGAS!
Tulislah kalimat tanya berdasarkan gambar yang kamu amati!
1.
Apa
...........................................................................
2.
Siapa ........................................................................
3.
4.
5.
Comments
Post a Comment