HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 4 PB 2
12 November 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : IV
/ Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4
Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak
sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam
bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
PKn
1.3 Memahami
makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks
pendek yang berkaitan
dengan lingkungan sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
2.
Dengan Tanya jawab, siswa dapat
menyebutkan isi teksyang dibaca berkaitan dengan lingkungan seha menggunakan
bahasa lisan (dapat
dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk mmbantu pemahaman) secara tepat.
3.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman
di tempat umum sekitar rumah secara benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Membaca teks yang berjudul “Kebersihan dan
Keindahan Jalan Raya Wajib Kita Jaga” dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2.
Mengamati
gambar yang
berhubungan dengan cirri tempat umum yang bersih dan sehat.
3.
Mengamati
gambar yang
berhubungan dengan pengenalan sikap bersatu antar teman, misalnya gambar Dayu
dan teman-teman yang sedang bermain tarik tambang.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
·
Buku
Guru IV / Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, PKn, dan Matematika
·
Berbagai
pecahan uang
Materi
Pembelajaran
Dayu dan warga
sekitar melakukan kerja bakti. Mereka membersihkan jalan raya. Ada yang
membenahi taman. Ada yang menyapu jalan. Ada juga yang membersihkan dan
memperbaiki selokan. Warga di lingkungan Dayu hidup rukun.
Membaca teks dengan nyaring !
Perhatikan gambar berikut :
Dayu dan
teman-teman bermain menggendong teman. Mereka bermai dengan rukun dan kompak.
Sikap itu menunjukkan kebersamaan dalam berolahraga. Tahukah kamu contoh
olahraga lain yang membutuhkan kerjasama yang baik ?
Sikap apa yang harus dimiliki agar
terwujud kerjasama yang baik ketika berolahraga ?
Comments
Post a Comment