HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 4 PB 2


12 November 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : I
Tema               : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema          : IV / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran   : 2

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

PKn
1.3     Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.


Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
2.        Dengan Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teksyang dibaca berkaitan dengan lingkungan seha menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk mmbantu pemahaman) secara tepat.
3.        Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah secara benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Membaca teks yang berjudul “Kebersihan dan Keindahan Jalan Raya Wajib Kita Jaga” dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2.        Mengamati gambar yang berhubungan dengan cirri tempat umum yang bersih dan sehat.
3.        Mengamati gambar yang berhubungan dengan pengenalan sikap bersatu antar teman, misalnya gambar Dayu dan teman-teman yang sedang bermain tarik tambang.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.




Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
·            Buku Guru IV / Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, PKn, dan Matematika
·           Berbagai pecahan uang

Materi Pembelajaran

Dayu dan warga sekitar melakukan kerja bakti. Mereka membersihkan jalan raya. Ada yang membenahi taman. Ada yang menyapu jalan. Ada juga yang membersihkan dan memperbaiki selokan. Warga di lingkungan Dayu hidup rukun.

Membaca teks dengan nyaring !


  
Perhatikan gambar berikut :


Dayu dan teman-teman bermain menggendong teman. Mereka bermai dengan rukun dan kompak. Sikap itu menunjukkan kebersamaan dalam berolahraga. Tahukah kamu contoh olahraga lain yang membutuhkan kerjasama yang baik ?



Sikap apa yang harus dimiliki agar terwujud kerjasama yang baik ketika berolahraga ?



Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6