HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 4 PB 1
11 November 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : IV
/ Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 1
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal
kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di
lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa
Inonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.4 Memahami
pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
Matematika
3.10
Menjelaskkan bangun dattar dan bangun ruang berdasarkan cirri-cirrinya
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui Tanya jawab, siswa dapat
menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat
menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerrah untuk
membantu pemahaman) seccara tepat.
2.
Dengan mengamati gambar tentang hiasan
dari bahan alami, siswa dapat mengidenifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan
bahan alami secara tepat.
3.
Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan
bahan ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik suddut secara benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru
menyampaikan kegiatan pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Mendengarkan pembaaan teks percakapan yang
berhubungan dengan tempat umum yang berrsih dan sehat.
2.
Mendiskusikan makna kata yang berhubungan
dengan teks perccakapan sebelumnya, misalnya saja kata karyawisata, tanaman
hias, dan hutan lindung.
3.
Mengamati berbagai bentuuk kerajinan yang
dapat dibuat dari daun kering.
4.
Berlatih membuat kerajinan darri daun
kering, misalnya hiasan vas bunga dan, hiasan dinding.
5.
Menghubungkan bentuk vas bunga dengan
pengenalan berbagai bentuk bangun ruang.
6.
Menddiskusikan dan menghitung banyak
rusuk, sisi, dan titik sudut pada balok.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup
Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika.
·
Berbagai
contoh
bangun datar dan bangun ruang
·
Bahan
prakarya dari bahan alam dan buatan.
Materi
Pembelajaran
Kelas Dayu
melakukan karyawisata. Mereka berrkunjung ke Kebun Raya Bogor. Petugas
memberikan penjelasan kepada Dayu dan teman-teman.
Menjawab
pertanyaan berdasarkan teks percakapan
- Apa isi percakapan peugas kebun, Dayu, dan
teman-teman ?
- Apa saja yang ada di Kebun Raya Bogor ?
- Mengapa Kebun Raya Bogor harus dibersihkan?
- Bagaimana pendapatmu trhadap isi percakapan
petugas kebun, Dayu, dan teman-teman ?
- Apa yang akan terjadi jika Kebun Raya Bogor
jarang dibersihkan ?
Mendiskusikan
dengan teman makna kata-kata berikut.
Banyak
daun kering brjatuhan di kebun Raya Bogor. Aun-daun kering itu selalu
dibersihkan setiap hari. Daun kering dapat dibuat menjadi hiasan.
Membuat
hiasan dinding dari daun kering
Alat dan Bahan
- Gunting atau
pisau kater
- Pensil
- Kertas
- Lem kayu
- Daun kering,
misalnya daun nangka, daun jambu, dan daun rambutan.
Cara Membuat
Hiasan dari Daun Kering
- Buatlah gambar rencana hiasan pada kertas !
- Gunting daun sesuai bentuk gambar yang telah
dibuat !
- Tempelkan daun yang telah digunting pada kertas
dengan menggunakan lem kayu !
- Atur dengan rapi susunan daun agar terlihat indah
!
- Hiasan siap untuk dipajang.
Menjodohkan
bangun ruang yang sesuai dengan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut.
SOAL LATIHAN:
1 Apakah manfaatnya hutan bagi kita?
2. Apakah manfaatnya hutan bagi hewan?
3. Mengapa tidak boleh menebang pohon sembarangan?
4. Siapakah yang menciptakan hutan?
1 Apakah manfaatnya hutan bagi kita?
2. Apakah manfaatnya hutan bagi hewan?
3. Mengapa tidak boleh menebang pohon sembarangan?
4. Siapakah yang menciptakan hutan?
Comments
Post a Comment