HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 3 PB 3

5 November 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : I
Tema               : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema          : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran   : 3

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.1 Memahami karya  imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.9  Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang


Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui mengamati gambar dan model patung, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
  2. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
  3. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif dengan tepat.
  4. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
  5. Melalui penugasan, siswa dapat membuat karya patung imajinatif berdasarkan pengalaman sendiri menggunakan bahan alami dengan benar.
  6. Dengan mengamati model bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
  7. Dengan mengamati model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi  ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat.
  8. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
  9. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
  10.  Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
  11. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
  12. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
  13. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
  14. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat.
  15. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.



Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Siswa menuliskan laporan hasil pengamatan tentang ciri lingkungan yang becek dan kumuh.
2.        Siswa diberikan arahan tentang penggunaan ejaan yang tepat ketika menulis laporan.
3.        Siswa membacakan laporan hasil pengamatan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·           Gambar dan bentuk bangun datar
·           Gambar-gambar contoh ruangan kelas di sekolah yang tidak sehat.

Materi Pembelajaran

Apa saja kerajinan yang dapat dibuat dari tanah
liat?
Apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan dari tanah liat?




Tahukah kamu cara membuat kerajinan dari tanah liat?

Bacalah petunjuk berikut dengan nyaring!



Masih ingatkah kamu dengan ruas-ruas garis pada bangun ruang?
Kalau begitu, mana saja yang merupakan ruas-ruas garis pada prisma?


Pada prisma segitiga di atas terdapat ruas-ruas garis
AB, BC, AC, DE, EF, DF, AD, BE, dan CF.




Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apa isi pembicaraan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
2. Tempat Dayu dan teman-teman membuat
kerajinan menjadi kotor. Apa yang akan mereka
lakukan?
Jawab: ...................................................................
3. Apa yang akan kamu lakukan jika kamu menjadi
salah satu teman Dayu di tempat membuat
kerajinan itu?
Jawab: ...................................................................
4. Apakah kamu setuju dengan sikap Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
5. Apa yang akan terjadi jika tempat membuat
kerajinan yang kotor dibiarkan?
Jawab: ...................................................................

Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6