HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 3 PB 1 DAN 2

4 November 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : I
Tema               : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema          : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran   : 1 dan 2

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.1 Memahami karya  imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang

PKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
  2. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
  3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
  4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
  5. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  6. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
  7. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
  8. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
  9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar.
  10. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif dengan benar.
  11. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar dengan benar.
  12. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan benar.
  13. Melalui penugasan, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.
  14. Dengan mengamati berbagai bentuk bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
  15. Dengan mengamati gambar model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi  ruas garis yang      membatasi model bangun ruang dengan tepat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
  1. Siswa menyelesaikan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan menemukan ruas garis pada berbagai bentuk bangun ruang, misalnya: balok, prisma tegak segiempat, dan prisma tegak segitiga.
  2. Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
  3. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
  4. Memberikan motivasi dan penguatan terhadap prestasi belajar siswa.
  5. Menyimpulkan dan menutup materi pembelajaran.
Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
·           Gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.

Materi Pembelajaran


Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
percakapan sebelumnya!
1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
2. Bagaimana suasana tempat bermain Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
3. Bagaimana pendapatmu terhadap isi percakapan
Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
4. Apa yang harus dilakukan agar kebersihan taman
terus terjaga?
Jawab: ...................................................................
5. Apa pendapatmu apabila tempat bermain jarang
dibersihkan?
Jawab: ...................................................................?

Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata
berikut!!



Amatilah gambar di bawah dengan teliti!



Bagaimana tempat bermain Dayu dan temanteman?
Apakah tempat bermain mereka sudah bersih?




Coba amati benda-benda di sekitarmu yang berbentuk kubus!

Amatilah gambar di bawah ini dengan teliti!
Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti Dayu dan teman-teman?








Coba amati gambar dan lingkungan di sekitarmu?
Tahukah kamu bagaimana tempat bermain yang
bersih?






Biasakanlah sikap-sikap di atas diterapkan dalam
kehidupanmu sehari-hari!

Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6