ENERGI DAN PERUBAHANNYA TEMA 6 SUB TEMA 1 PB 2
Selasa, 4 Februari 2020
MATERI AJAR
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengidentifikasi kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan
mengayun mengikuti irama menggunakan alat.
- Dengan memperhatikan contoh dan
penjelasan guru, siswa dapat melakukan kombinasi gerak berjalan, menekuk,
dan mengayun mengikuti irama menggunakan alat.
- Dengan permainan menyusun kartu huruf,
siswa mampu menemukan kosakata terkait sumber energi dengan tepat.
- Dengan permainan menyusun kata, siswa
mampu menyusun informasi terkait sumber energi menggunakan kalimat sendiri
dengan tepat.
- Dengan mendengar penjelasan guru, siswa
dapat mengidentifikasi kewajibankewajiban di rumah terkait sumber energi.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menentukan perilaku yang menunjukkan kewajiban di rumah terkait
penghematan sumber energi.
Hari ini, Siti tidak lupa sarapan
sebelum pergi ke sekolah. Siti merasa kuat dan semangat
berangkat sekolah. Makanan dan minuman yang Siti
makan memberi energi bagi tubuhnya. Energi inilah
yang membuat Siti dapat melakukan kegiatan. Setelah
selesai melakukan kegiatan, kita butuh
istirahat dan minum. Istirahat dan minum dapat
mengembalikan energi yang telah terpakai.
Selesai senam Siti dan teman-teman
kembali ke kelas. Mereka segera minum dan
istirahat sejenak. Tidak lama kemudian, Siti dan
teman-teman sudah segar kembali. Pak Guru mengajak
mereka bermain menyusun huruf. Huruf disusun
membentuk kata. Kosa katanya berhubungan dengan sumber
energi.
Siti dan temannya telah menyusun kata
dan membuat kalimat. Pak Guru
melanjutkan pelajaran. Pak guru
menjelaskan bahwa air juga sumber
energi. Ketika diminum, maka air akan memberi
energi. Tubuh kita memerlukan air sampai 3
liter setiap hari. Tubuh kita
akan lemah jika kekurangan air.
Sehingga kita harus memiliki persediaan
air bersih yang cukup di rumah. Tidak
di semua tempat tersedia air bersih yang cukup. Di
beberapa tempat, orang bahkan
harus membeli air untuk keperluan sehari-hari. Karena
itu kita wajib menghemat
penggunaan air di rumah. Matikan keran air sesudah digunakan.
Jangan menghamburkan air untuk keperluan
yang tidak penting. Kalau minum air matang
harus dihabiskan. Masih banyak lagi contoh
kewajiban di rumah dalam menghemat energi.
Tentukan perilaku yang menunjukkan
kewajiban menghemat air! Beri tanda centang (√)
untuk gambar yang tepat. Beri tanda silang
(X) untuk gambar yang tidak tepat!
Comments
Post a Comment