TEMA 7 SUB TEMA 2 (KEBERSAMAAN DI SEKOLAH)

Hari/ tanggal : RABU/11 MARET 2020
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 7 (Kebersamaan)/ 2 (Kebersamaan di sekolah)
Pembelajaran : 3&4

KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah..

Bahasa Indonesia
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri.

Matematika
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3, dan1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 MenyajIkan pecahan1/2, 1/3, dan1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu
benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.

TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca kembali dongeng, siswa mampu menemukan kata sapaan dalam dongeng dengan benar.
2. Dengan membaca kembali dongeng, siswa mampu menirukan kata sapaan dalam dongeng dengan benar.
3. Dengan membaca kembali dongeng, siswa mampu menulis kata sapaan dalam dongeng dengan benar.
4. Dengan kegiatan berlatih, siswa mengoreksi penggunaan kata sapaan dalam dongeng dengan benar.
5. Dengan mengamati gambar dan mencermati teks bacaan, siswa mampu mengelompokkan karakteristik teman sekolah berdasarkan jenis kelamin.
6. Dengan mencari informasi dengan teman, siswa mampu membuat daftar kelompok karakteristik teman sekolah berdasarkan jenis kelamin.
7. Dengan mengamati gambar yang disajIkan, siswa dapat menentukan pecahan setengah.
8. Dengan mengamati gambar yang disajIkan, siswa dapat menentukan pecahan sepertiga.
9. Dengan mengamati gambar yang disajIkan, siswa dapat menentukan pecahan seperempat.

Hasil gambar untuk hewan animasi

Fabel  adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka (fantasi). Kadang kala fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Cerita fabel juga sering disebut cerita moral karena mengandung pesan yang berkaitan dengan moral. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang. Binatang tersebut diceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Watak dan budi manusia juga digambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut. Tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang. Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.

Dalam membuat pecahan, membagi gambar harus sama besar.



KERJAKAN DI RUMAH!
1. Pecahan 1/4 dibaca ….
2. Bagas memotong kertas menjadi lima bagian sama besar, maka setiap bagian kertas disebut . . . . . . . . . . . bagian.
3. Arsirlah sepertiga bagian dari gambar berikut!
Soal Tematik Kelas 2 SD Tema 7 Subtema 1 Kebersamaan di Rumah dan Kunci Jawaban
4. Arsirlah seperempat bagian dari gambar berikut!
Soal Tematik Kelas 2 SD Tema 7 Subtema 1 Kebersamaan di Rumah dan Kunci Jawaban
5.
Soal Tematik Kelas 2 SD Tema 7 Subtema 1 Kebersamaan di Rumah dan Kunci Jawaban
Bagian warna hijau pada gambar di atas bernilai . . . . . . bagian.

Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6