TEMA 7 SUBTEMA 3 (KEBERSAMAAN DI RUMAH)
Jumat, 20 Maret 2020
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
II
Tema :
VII /
Kebersamaan
Subtema : III / Kebersamaan di Tempat Bermain
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.9 Menentukan kata sapaan dalam dongeng
secara lisan dan tulis.
4.9 Menirukan kata sapaan dalam dongeng
secara lisan dan tulis.
Matematika
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3, dan
1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 Menyajikan pecahan 1/2, 1/3, dan
1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam
kehidupan sehari-hari.
SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan
tiga dimensi.
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan
tiga dimensi.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan melakukan kegiatan bermain di halaman rumah,
siswa mampu memahami kebersamaan di tempat bermain.
2. Dengan memperhatikan gambar, siswa mampu
menjelaskan penggunaan kata sapaan dalam percakapan dalam bahasa tulis.
3. Dengan memperhatikan gambar, siswa mampu menuliskan
kata sapaan dalam kalimat.
4. Dengan memperhatikan gambar, siswa mampu menyatakan
pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 sebagai bagian dari keseluruhan.
5. Dengan memperhatikan gambar, siswa mampu menyajikan
pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu
benda konkret.
6. Dengan penjelasan guru dan memperhatikan gambar,
siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif dengan bahan
alami.
7. Dengan penjelasan guru dan memperhatikan gambar,
siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya patung imajinatif
dengan bahan alami.
Materi Pembelajaran
Sikap yang baik dapat diungkapkan dengan sapaan yang
baik.
Bermain di Halaman Rumah
Seusai sekolah teman-teman Siti pergi ke rumah Siti. Rumah
teman-teman Siti saling berdekatan. Mereka bermain di halaman. Siti dan
teman-temannya bermain berburu hewan. Siswa yang berperan sebagai hewan jika
terkena lemparan harus keluar area. Siti melempar bola ke arah Dayu. Kaki Dayu
terkena lemparan Siti. Mereka tetap rukun walaupun memiliki banyak perbedaan.
Ada banyak jenis hewan yang dapat
kita perankan saat bermain berburu hewan. Kita bisa bermain sebagai rusa, ayam
hutan, kelinci, dan lain-lain. Hewan-hewan tersebut dapat kita tiru bentuknya
dengan membuat patung hewan.
Membuat Patung Hewan
Alat dan bahan:
1. Tanah liat atau plastisin
2. Air
3. Sketsa hewan yang akan dibuat menjadi patung
Proses pembuatan patung:
1. Siapkan tanah liat atau plastisin.
2. Siapkan alat bantu dan air.
3. Siapkan meja putar (jika ada).
4. Siapkan gambar rancangan patung (sketsa hewan yang
akan dibuat menjadi patung).
5. Tempatkan tanah liat atau plastisin di atas meja,
putar sedikit demi sedikit.
6. Pijat-pijat bahan hingga mendekati bentuk yang
diinginkan secara global.
7. Jika bahan kurang bisa ditambah, sebaliknya bila
berlebih bisa dikurangi.
8. Sempurnakan bentuk dengan alat bantu, lalu berikan
sentuhan akhir dengan pembentukan detail patung dan dihaluskan.
Kerjakan di Rumah!
1. Kata
sapaan yang buruk bisa membuat hati seseorang menjadi ….
a. Sedih
b. Senang
c. Tertawa
2. Ali: “Sedang apa dirimu
sahabatku?”
Fatmawati: “Ini aku
sedang menanam bunga melati.”
Kata sapaan yang diucapkan Ali kepada Fatmawati di
atas adalah ….
a. Fatma
b. Sahabatku
c. Sedang apa
3. Pak Toni menangkap seekor rusa. Seekor rusa dari kumpulan
di bawah dapat dinyatakan dengan pecahan _________.
4. Pak
Somad memiliki dua ekor kambing. Seekor kambing dijual. Kambing yang dijual dapat
dinyatakan dengan pecahan _______.
5. a. Apa saja alat dan bahan untuk membuat patung
hewan?
b. Buatlah sebuah sketsa patung hewan sesuai
dengan imajinasimu!
Comments
Post a Comment