TEMA 7 SUB TEMA 2 (KEBERSAMAAN DI SEKOLAH)
Hari/ tanggal : JUMAT/13 MARET 2020
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 7 (Kebersamaan)/ 2 (Kebersamaan di sekolah)
Pembelajaran : 6
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri.
Matematika
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3, dan1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 MenyajIkan pecahan1/2, 1/3, dan1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu
benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 7 (Kebersamaan)/ 2 (Kebersamaan di sekolah)
Pembelajaran : 6
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri.
Matematika
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3, dan1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 MenyajIkan pecahan1/2, 1/3, dan1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu
benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka (fantasi). Kadang kala fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Cerita fabel juga sering disebut cerita moral karena mengandung pesan yang berkaitan dengan moral. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang. Binatang tersebut diceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Watak dan budi manusia juga digambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut. Tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang. Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.
Dalam membuat pecahan, membagi gambar harus sama besar.
KERJAKAN DI RUMAH!
Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka (fantasi). Kadang kala fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Cerita fabel juga sering disebut cerita moral karena mengandung pesan yang berkaitan dengan moral. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang. Binatang tersebut diceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Watak dan budi manusia juga digambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut. Tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang. Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.
Dalam membuat pecahan, membagi gambar harus sama besar.
KERJAKAN DI RUMAH!
Bagian permen yang berwana merah pada gambar di atas dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan yaitu ….
2.
Danu membelah semangka menjadi tiga bagian sama besar
Maka setiap bagian dari semangka itu jika dinyatakan dalam bentuk pecahan menjadi ….
Danu membelah semangka menjadi tiga bagian sama besar
Maka setiap bagian dari semangka itu jika dinyatakan dalam bentuk pecahan menjadi ….
3. Di kandang Pak Rafi ada dua ekor sapi dan satu ekor kambing
Banyaknya kambing dalam kandang terhadap semua hewan dapat dinyatakan dengan pecahan ….
Banyaknya kambing dalam kandang terhadap semua hewan dapat dinyatakan dengan pecahan ….
4. Di dalam kelas terdapat 2 spidol dan 1 penghapus dan 1 penggaris besar
Dari keempat benda di atas, maka penghapus dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan yaitu ….
Dari keempat benda di atas, maka penghapus dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan yaitu ….
5. Arsirlah gambar di bawah ini sehingga membentuk arsiran yang bernilai seperempat!
Comments
Post a Comment