TEMA 7 SUB TEMA 2 (KEBERSAMAAN DI SEKOLAH)
Hari/ tanggal : KAMIS/12 MARET 2020
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 7 (Kebersamaan)/ 2 (Kebersamaan di sekolah)
Pembelajaran : 5
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah..
Bahasa Indonesia
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri.
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 7 (Kebersamaan)/ 2 (Kebersamaan di sekolah)
Pembelajaran : 5
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah..
Bahasa Indonesia
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri.
Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka (fantasi). Kadang kala fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Cerita fabel juga sering disebut cerita moral karena mengandung pesan yang berkaitan dengan moral. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang. Binatang tersebut diceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Watak dan budi manusia juga digambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut. Tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang. Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.
MANFAAT KEBERSAMAAN DI SEKOLAH
1. Suasana menjadi nyaman dan tenang
2. Suasana menjadi sebuah suasana yang kondusif
3. Materi yang akan diberikan oleh guru akan menjadi lebih mudah untuk dipahami
4. Tidak akan terjadi banyak kegaduhan di sekolah
5. Musyawarah akan selalu tercapai di sekolah.
Didalam sekolah, apabila terdapat sebuah suasana yang dimana nyaman maka akan sangat dibutuhkan. Hal tersebut kemudian akan dapat menciptakan sebuah manfaat yang dimana sekolah akan menjadi tempat yang menyenangkan bagi murid dan juga guru sehingga akan dapat berdampingan untuk membiasakan diri hidup rukun. Hal tersebut akan membuat kehidupan bermasyarakat menjadi sangatlah nyaman
Dari suanana yang nyaman itu, munculah sebuah manfaat kehidupan yang rukun disekolah bagi siswa dan akan membawa suasana belajar yang kondusif yang dimana kemudian ilmu yang akan diterima akan menjadi lebih memiliki manfaat termasuk itu ilmu yang baik dan akan berguna bagi semua orang.
KERJAKAN DI RUMAH!
1. Arsirlah lingkaran di bawah ini sehingga membentuk arsiran yang bernilai seperdua!
2. Arsirlah gambar di bawah ini sehingga membentuk arsiran yang bernilai seperdua!
3. Mengapa kita harus rukun terhadap teman yang berbeda suku?
4. Berikan contoh sikap yang mencerminkan persahabatan di sekolah!
5. Berikan contoh perbuatan yang bisa merusak kerukunan di sekolah!
Comments
Post a Comment