TEMA 4 SUBTEMA 3 DAN 4 (PPKn + BAHASA INDONESIA) DAN EVALUASI

 TEMA 4 (KELUARGAKU) dan EVALUASI

SUBTEMA 3 & 4 (KELUARGA BESARKU & KEBERSAMAAN DALAM KELUARGA)


PPKn

Kompetensi Dasar

3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarokatuh

Apa kabar anak solih dan solihah (Alhamdulillah, luar biasa, Allahuakbar)

Tema kita minggu ini adalah keluarga besarku, hari ini kita akan belajar tentang aturan di rumah dan keberagaman karakteristik dalam keluarga besar sesuai dengan daerah 

Udin sering mengunjungi kakek dan nenek. Udin senang berkumpul bersama keluarga besar. Kakek dan nenek sudah tua tetapi masih sehat. Udin biasa berkumpul di rumah kakek dan nenek saat hari raya. Ada keluarga lainnya juga. Ada paman, bibi, dan juga sepupu. Semua keluarga besar sangat rukun. Udin sangat menyayangi keluarga besarnya. Udin bersyukur kepada Tuhan karena memiliki keluarga besar yang saling menyayangi.


Teman-teman Siti di kelas membuat tulisan di kertas

Tulisannya mengenai ajakan membersihkan rumah

Ayo kita bantu Siti dan teman-temannya

Jangan lupa warnai dan hiaslah

Oh ya kita semua harus menjaga kebersihan lingkungan ya supaya lingkungan kita bersih, sehat dan nyaman.


BAHASA INDONESIA

Kompetensi Dasar

3.8 merinci ungkapan penyampaian terimakasih, permintaan tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

3.9 merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah asal.

Tema kita minggu ini adalah keluarga besarku, hari ini kita akan belajar tentang ungkapan terimakasih, kalimat perintah, permohonan maaf, dan hubungan dalam silsilah keluarga besar.

Saat berkumpul bersama keluarga besar, kakek bercerita tentang anak dan cucunya.  Udin mencatat identitas (nama, umur, pekerjaan, asal daerah)  anggota keluarga besarnya dengan bertanya. 



Ayo Membaca (Hanya pemahaman saja ya anak sholeh sholeha)

Bacalah teks percakapan berikut 

Bela ingin belajar memasak 

Bela mohon pada ibu untuk mengajari memasak 

Bela  : ibu bela ingin belajar memasak 

Ibu  : benarkah bela mau belajar memasak 

Bela  : benar bu, tolong ajari bela membuat telur dadar

Ibu  : baiklah perhatikan apa yang ibu lakukan 

Bela  : baik bu terima kasih

Ibu  : hati hati saat memasak, karena memasak menggunakan pisau dan api 

TUGASMU!

1. Wawancara 3 anggota keluargamu, Lalu catat namanya dan pangilannya tanyakan dalam keluarga besar. (bisa tanyakan pada orang tuamu). Kirimkan hasil wawancaramu berupa voice note melalui whatsapp grup kelas.

2. Evaluasi klik link ini: 

EVALUASI TEMA 4 SUBTEMA 3 DAN 4


Pastikan sebelum mengerjakan pembelajaran kalian sudah mandi, sarapan, solat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya. Tugas yang sudah dikerjakan dapat langsung dikirim ke whatsapp pribadi bu guru, jangan lupa ucapkan kata tolong saat meminta bantuan dan terimakasih pada orang tua yang mendampingimu belajar di rumah. Terimakasih … Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarokatuh

Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6