CUACA TEMA 5 SUB TEMA 1 PB 1


Senin, 6 Januari 2020 

MATERI AJAR

 TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi mengenai keadaan cuaca dengan benar.
  2.  Dengan menuliskan pokok-pokok informasi dari teks, siswa dapat menggunakan kosakata baku mengenai keadaan cuaca dalam kalimat yang efektif.
  3.  Dengan kegiatan mengeksplorasi lingkungan, siswa dapat mengidentifikasi pecahan sebagai bagian dari   sesuatu yang utuh dari benda konkret dengan tepat.
  4.  Dengan kegiatan mengamati benda, siswa dapat menyajikan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh   menggunakan benda konkret.
  5.  Dengan menyanyikan sebuah lagu, siswa dapat menentukan tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.




Televisi menayangkan acara prakiraan cuaca

hari ini.
Ada wilayah yang cerah.
Ada wilayah yang berawan.
Ada pula wilayah yang hujan.
Cuaca adalah keadaan udara pada tempat
dan waktu tertentu.
Indonesia memiliki empat jenis cuaca, yaitu
cuaca berawan, mendung, hujan, dan cerah.
Cuaca yang berbeda dapat membuat kegiatan
manusia berubah.



Udin menonton berita prakiraan cuaca di televisi.
Ibu membawakan kue bolu kesukaan Udin. Satu
loyang kue bolu dengan aroma cokelat. Harum
cokelatnya mengundang selera.

Lalu, kue tersebut dipotong
menjadi dua. Satu kue
dipotong menjadi dua.
Setiap potongan disebut
satu perdua atau seperdua.
Kedua potongan satu per
dua dibagi lagi menjadi
empat.
Sekarang setiap potongan
disebut satu perempat atau
seperempat.
Ibu memotong kue menjadi delapan bagian.
Berarti, setiap potongnya merupakan seperdelapan
bagian dari kue yang utuh.
Kata seperdua, seperempat, dan seperdelapan
merupakan bilangan pecahan.






Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 4 PB 4

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 4