CUACA TEMA 5 SUB TEMA 2 PB 3 & 4

Kamis, 16 Januari 2020 

MATERI AJAR

 TUJUAN PEMBELAJARAN


  •      Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan dan menuliskan pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar dengan lengkap.
  •       Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan tepat.
  •     Dengan membaca, siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar.


  •     Dengan berolahraga, siswa dapat mempraktikkan kombinasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.



  • Sekarang bandingkan potongan kue tersebut.
    Manakah yang lebih besar? Manakah yang lebih kecil? Berilah tanda “>” (lebih besar dari) atau “<”
    (lebih kecil dari) di tempat yang telah tersedia.

         Lambang bilangan pecahan di atas memiliki pembilang yang sama. Namun, bilangan penyebutnya berbeda-beda.
    Jadi untuk pecahan dengan angka pembilang sama:
    “Makin besar angka penyebutnya, makin kecil nilai pecahan tersebut.”

         Siti, Lani, dan Dayu sudah menemukan artikel berita yang pertama. Mereka diminta mencari kata atau istilah khusus tentang perubahan cuaca. Kata khusus adalah kata yang menjelaskan kata umum. Misalnya “hijau” adalah kata khusus dari “warna”. Istilah khusus adalah istilah yang menjelaskan tema tertentu. Misalnya “cuaca ekstrem” adalah istilah khusus dari tema perubahan cuaca.

         Temukan istilah khusus pada artikel tentang dampak perubahan cuaca. Perhatikan kata-kata yang dicetak tebal. Diskusikan bersama temanmu.

    Masih ingatkah kamu dengan Tari Burung Kutilang yang sudah dipelajari sebelumnya?
    Amati gambar berikut untuk berlatih Tarian Burung Kutilang.
    Gerakan kepala ke kanan dan ke kiri

    Gerakan kepala ke atas dan ke bawah


    MATERI AJAR

     TUJUAN PEMBELAJARAN


    1.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan dan menuliskan pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan lengkap.
    2.     Dengan membaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia yang terdapat dalam teks bacaan dengan tepat.
    3.    Dengan berdiskusi, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia dengan menggunakan bahasa sendiri dengan tepat.
    4.     Dengan berolahraga, siswa dapat mempraktikkan kombinasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
        Bacalah artikel yang ada di Bukumu. Temukanlah istilah khusus yang ada di artikel tersebut. Diskusikan bersama teman dan tuliskan hasil diskusimu di kolom berikut ini.

    Kegiatan apa yang kamu pilih saat cuaca hujan? Bicarakan dengan teman-temanmu.
    Aktivitas Udin dan teman-teman saat istirahat beragam. Namun, mereka tetap bersatu untuk
    merapikan kelas kembali seperti semula. Apakah kamu pernah memiliki pengalaman yang
    sama dengan Udin dan teman-temannya? Mengapa bersatu dalam keberagaman itu penting?

    Tuliskan pengalamanmu pada lembar yang tersedia.







    Comments

    Popular posts from this blog

    HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

    TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 4 PB 4

    HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 4