CUACA TEMA 5 SUB TEMA 2 PB 3 & 4
Kamis, 16 Januari 2020
MATERI AJAR
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan dan menuliskan pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar dengan lengkap.
Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan tepat.
Dengan membaca, siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar.
Dengan berolahraga, siswa dapat mempraktikkan kombinasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.
Sekarang
bandingkan potongan kue tersebut.
Manakah
yang lebih besar? Manakah yang lebih kecil?
Berilah tanda “>” (lebih besar dari) atau “<”
(lebih
kecil dari) di tempat yang telah tersedia.
Lambang
bilangan pecahan di atas memiliki pembilang
yang sama. Namun, bilangan penyebutnya
berbeda-beda.
Jadi untuk
pecahan dengan angka pembilang sama:
“Makin
besar angka penyebutnya, makin kecil nilai
pecahan tersebut.”
Siti,
Lani, dan Dayu sudah menemukan artikel berita yang
pertama. Mereka diminta mencari kata atau istilah
khusus tentang perubahan cuaca. Kata
khusus adalah kata yang menjelaskan kata umum. Misalnya
“hijau” adalah kata khusus dari “warna”. Istilah
khusus adalah istilah yang menjelaskan tema
tertentu. Misalnya “cuaca ekstrem” adalah istilah
khusus dari tema perubahan cuaca.
Temukan
istilah khusus pada artikel tentang dampak
perubahan cuaca. Perhatikan kata-kata yang
dicetak tebal. Diskusikan bersama temanmu.
Masih
ingatkah kamu dengan Tari Burung Kutilang yang sudah
dipelajari sebelumnya?
Amati gambar berikut untuk berlatih Tarian Burung Kutilang.
Gerakan kepala ke kanan
dan ke kiri
Gerakan kepala ke atas dan ke bawah
MATERI AJAR
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan dan menuliskan pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan lengkap.
- Dengan membaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia yang terdapat dalam teks bacaan dengan tepat.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia dengan menggunakan bahasa sendiri dengan tepat.
- Dengan berolahraga, siswa dapat mempraktikkan kombinasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
Bacalah artikel yang ada di Bukumu. Temukanlah istilah
khusus yang ada di artikel tersebut. Diskusikan bersama teman dan tuliskan hasil diskusimu di kolom
berikut ini.
Kegiatan
apa yang kamu pilih saat cuaca hujan? Bicarakan
dengan teman-temanmu.
Aktivitas
Udin dan teman-teman saat istirahat beragam.
Namun, mereka tetap bersatu untuk
merapikan
kelas kembali seperti semula. Apakah
kamu pernah memiliki pengalaman yang
sama
dengan Udin dan teman-temannya? Mengapa
bersatu dalam keberagaman itu penting?
Tuliskan
pengalamanmu pada lembar yang tersedia.
Comments
Post a Comment