CUACA TEMA 5 SUB TEMA 1 PB 2
Selasa, 7 Januari 2020
MATERI AJAR
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan kegiatan diskusi bersama,
siswa mampu memberikan contoh sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan
sekitar dengan baik.
2. Dengan kegiatan bertukar informasi,
siswa dapat membuat daftar sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan
sekitar dengan tepat.
3. Dengan kegiatan mencari kata, siswa
dapat menemukan kata mengenai keadaan cuaca dengan tepat.
4. Dengan kegiatan menceritakan kembali
isi bacaan, siswa dapat menentukan pokok-pokok informasi mengenai keadaan cuaca
dengan benar.
5. Dengan kegiatan bertanya jawab, siswa
dapat menjelaskan kombinasi gerak bertumpu dan keseimbangan dengan benar.
Hujan deras turun semalaman. Pagi hari terasa lebih dingin. Udin, Edo, dan Beni berangkat sekolah
bersama. Edo memakai jaket ke sekolah. Jaket berguna untuk melindungi tubuh dari udara dingin.
Kita memerlukan pakaian tambahan saat udara dingin. Pakaian tambahan jaket atau sweater membuat tubuh hangat.
Makanan juga dapat membuat tubuh hangat. Begitu juga minuman. Banyak makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Edo dan kawan-kawan berdiskusi dengan serunya. Mereka akan mengadakan festival makanan daerah. Setiap siswa membawa makanan dari daerah asalnya. Kemudian, mereka
memberikan penjelasan singkat tentang
makanan tersebut.
Hari mulai beranjak siang. Matahari bersinar cerah. Edo membuka jaketnya. Dia mulai merasa
gerah. Keadaan cuaca dalam satu hari
bisa berubahubah. Pagi hari, cuaca
mendung. Siang hari, cuaca bisa
menjadi panas. Sore hari, cuaca bisa berubah hujan.
Tahukah kamu apa itu cuaca? Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat. Cuaca
terjadi pada jangka waktu tertentu.
Keadaan cuaca dapat berubah-ubah. Kita dapat meramal keadaan cuaca. Caranya dengan mengamati unsur-unsur cuaca.
Misalnya suhu, kelembaban, dan tekanan udara. Kita juga dapat mengamati curah hujan. Melihat keadaan awan dan keadaan angin. Unsur
cuaca tidak sama pada semua tempat. Cuaca
terjadi pada suatu tempat yang tidak luas. Terjadinya
pun pada waktu tertentu.
Amati keadaan di sekitarmu! Bagaimana keadaan cuacanya? Kegiatan apa yang dilakukan
ketika keadaan cuaca seperti itu?
Dampak apa yang kita rasakan?
Bagaimana jika keadaan cuaca seperti itu berlangsung
lama?
Comments
Post a Comment