CUACA TEMA 5 SUB TEMA 4 PB 3 & 4

Rabu, 29 Januari 2020 

MATERI AJAR

 TUJUAN PEMBELAJARAN


  1.     Dengan membaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus tentang cuaca, iklim, dan musim yang terdapat dalam teks bacaan dengan tepat.
  2.    Dengan berdiskusi, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi tentang hubungan cuaca, musim, dan iklim menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan jelas.
  3.     Dengan benda konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.
  4.      Dengan praktek langsung, mengidentifikasi teknik sambung dalam suatu karya (menempel dan menjahit) dengan tepat.
  5.      Dengan praktek langsung, siswa dapat membuat karya keterampilan dengan teknik sambung (menempel dan menjahit) dengan rapi.

     Cuaca cerah di pagi hari kini berubah menjadi cuaca berawan. Lani dan teman-teman berjanji akan kembali ke rumah Edo nanti sore. Mereka akan melanjutkan membuat karya 3 dimensi. Sore hari yang dinanti pun tiba. Lani, Siti, Dayu, Beni, dan Udin telah tiba di rumah Edo. Mereka kembali berkumpul di ruang keluarga. Edo sudah menyiapkan kain lagi untuk digunting dan dipotong.

     Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk persegi dan membaginya menjadi delapan bagian. Potongan kain ini akan diberikan untuk Beni dan Udin. Masing-masing akan mendapatkan 3/8 bagian kain. Sisa kain 2/8 bagian disimpan untuk Edo.


Dayu      : Saya masih ingat informasi tentang musim dan iklim. Informasi ini saya baca dari buku di             perpustakaan.

Siti          : Apa isi informasi itu?
Dayu    : Isinya tentang letak Indonesia di garis khatulistiwa. Juga tentang pengaruh iklim di                          Indonesia. Ada juga Informasi tentang musim kemarau dan musim hujan.
Beni       : Iya, betul. Informasi yang saya baca tentang waktu terjadinya musim kemarau dan musim              hujan.
Siti          : Saya masih ingat informasi dari Udin. Informasinya berisi tentang perbedaan cuaca dan                  iklim.
Udin      : Betul, Siti. Informasi itu juga menceritakan perubahan cuaca di sebuah kota.
Lani        : Sepertinya kita sudah siap bertemu dengan Pak Tono. Edo, apakah kamu punya informasi             untuk diceritakan?
Edo        : Tentu saja. Nanti kita bercerita di depan Pak Tono, ya.

Informasi apa yang kamu peroleh tentang cuaca, musim, dan iklim?




MATERI AJAR

 TUJUAN PEMBELAJARAN
  1.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan dan mengampanyekan manfaat sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan lengkap dan benar.
  2.      Dengan membaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus tentang cuaca, iklim, dan musim yang terdapat dalam teks bacaan dengan tepat.
  3.     Dengan berdiskusi, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi tentang hubungan cuaca, musim, dan iklim menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan jelas.
  4.      Dengan berolahraga, siswa dapat mempraktikkan kombinasi gerak tolakan, melompat, dan mendarat dengan tepat.


    Sekarang giliranmu menceritakan informasi tentang cuaca, musim, dan iklim. Ceritakanlah dengan kata-kata dan kalimatmu sendiri. Berceritalah di depan teman-temanmu. Ajak mereka untuk ikut bercerita secara bergiliran.

      Hari sudah makin sore. Cuaca yang tadinya berawan, kini berubah mendung. Sebelum hujan, Edo meminta tolong kepada teman-teman untuk membantu ibunya.
     Lani dan Siti membantu mengangkat jemuran yang kering. Dayu dan Edo membantu membawa masuk sepatu yang ada di luar.
      Beni dan Udin membantu mengangkat keset yang dijemur di atas pagar.




Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 4 PB 4

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 4