CUACA TEMA 5 SUB TEMA 4 PB 3 & 4
Rabu, 29 Januari 2020
MATERI AJAR
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan membaca, siswa dapat menemukan
kata/istilah khusus tentang cuaca, iklim, dan musim yang terdapat dalam
teks bacaan dengan tepat.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat
menceritakan kembali pokok-pokok informasi tentang hubungan cuaca, musim,
dan iklim menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan jelas.
- Dengan benda konkret, siswa dapat
menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan
berpenyebut sama dengan benar.
- Dengan praktek langsung, mengidentifikasi
teknik sambung dalam suatu karya (menempel dan menjahit) dengan tepat.
- Dengan praktek langsung, siswa dapat
membuat karya keterampilan dengan teknik sambung (menempel dan menjahit)
dengan rapi.
Cuaca
cerah di pagi hari kini berubah menjadi cuaca
berawan. Lani dan teman-teman berjanji akan
kembali ke rumah
Edo nanti sore. Mereka akan melanjutkan membuat
karya 3 dimensi. Sore hari yang dinanti pun tiba. Lani,
Siti, Dayu, Beni, dan Udin telah tiba di rumah
Edo. Mereka kembali berkumpul di ruang keluarga. Edo
sudah menyiapkan kain lagi untuk digunting dan
dipotong.
Mula-mula
Edo menggunting kain berbentuk persegi
dan membaginya menjadi delapan bagian. Potongan
kain ini akan diberikan untuk Beni dan Udin.
Masing-masing akan mendapatkan 3/8 bagian kain. Sisa
kain 2/8 bagian disimpan untuk Edo.
Dayu : Saya masih ingat informasi tentang musim
dan iklim. Informasi ini saya baca dari
buku di perpustakaan.
Siti : Apa isi informasi itu?
Dayu : Isinya tentang letak Indonesia di garis khatulistiwa.
Juga tentang pengaruh iklim di Indonesia. Ada juga Informasi tentang
musim kemarau dan musim hujan.
Beni
: Iya, betul. Informasi yang saya
baca tentang waktu terjadinya musim kemarau
dan musim hujan.
Siti
: Saya masih ingat informasi dari Udin.
Informasinya berisi tentang perbedaan
cuaca dan iklim.
Udin : Betul, Siti. Informasi itu juga menceritakan
perubahan cuaca di sebuah kota.
Lani : Sepertinya kita sudah siap bertemu dengan
Pak Tono. Edo, apakah kamu punya
informasi untuk diceritakan?
Edo : Tentu saja. Nanti kita bercerita di depan
Pak Tono, ya.
Informasi
apa yang kamu peroleh tentang cuaca, musim, dan
iklim?
MATERI AJAR
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan berdiskusi, siswa dapat
menjelaskan dan mengampanyekan manfaat sikap bersatu dalam keberagaman
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan lengkap dan
benar.
- Dengan membaca, siswa dapat menemukan
kata/istilah khusus tentang cuaca, iklim, dan musim yang terdapat dalam
teks bacaan dengan tepat.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat
menceritakan kembali pokok-pokok informasi tentang hubungan cuaca, musim,
dan iklim menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan jelas.
- Dengan berolahraga, siswa dapat mempraktikkan kombinasi gerak tolakan, melompat, dan mendarat dengan tepat.
Sekarang
giliranmu menceritakan informasi tentang
cuaca, musim, dan iklim. Ceritakanlah
dengan kata-kata dan kalimatmu sendiri.
Berceritalah di depan teman-temanmu. Ajak
mereka untuk ikut bercerita secara bergiliran.
Hari
sudah makin sore. Cuaca yang tadinya berawan,
kini berubah mendung. Sebelum hujan, Edo
meminta tolong kepada teman-teman untuk membantu
ibunya.
Lani
dan Siti membantu mengangkat jemuran yang kering.
Dayu dan Edo membantu membawa masuk sepatu
yang ada di luar.
Beni
dan Udin membantu mengangkat keset yang dijemur di
atas pagar.
Comments
Post a Comment