CUACA TEMA 5 SUB TEMA 2 PB 1
Senin, 13 Januari 2020
MATERI AJAR
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan
membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh
perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
2.
Dengan
membaca, siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan
pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku
dan kalimat efektif dengan tepat.
3.
Dengan
benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpembilang sama dengan
benar.
4.
Dengan
benda konkret, siswa dapat menyajikan perbandingan dua pecahan berpembilang
sama dengan tepat.
5.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak cepat lambat kepala dengan
benar.
6.
Dengan
berlatih, siswa dapat memeragakan gerak cepat lambat kepala dengan benar.
Cuaca dan
Perubahannya
Pagi ini, cuaca sangat
cerah. Matahari bersinar terang. Siti dan teman-teman berbaris mengikuti upacara
bendera. Saat istirahat, cuaca berawan. Mereka pun bermain di halaman sekolah
dengan nyaman. Mereka bermain tapak gunung dan lompat tali.
Namun, saat pulang sekolah, cuaca berubah mendung.
Tanda sebentar lagi akan turun hujan. Siti dan
teman-teman segera pulang ke rumah. Ketika
mereka tiba di rumah, hujan pun turun. Ternyata
cuaca dapat berubah-ubah. Apakah
yang dimaksud dengan perubahan cuaca? Mengapa
perubahan cuaca dapat terjadi?
Cuaca di sekitar kita dapat berubah-ubah. Cuaca dapat
berubah setiap hari. Jika hari ini hujan, esok cuaca
dapat menjadi cerah. Jika hari ini cerah,
esok dapat saja berubah menjadi hujan.
Saat cuaca cerah, matahari bersinar terang sehingga
udara menjadi panas. Cuaca berawan terjadi
ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari.
Cuaca mendung pertanda akan segera turun hujan.
Langit berwarna kelabu. Sebelum hujan terkadang
udara terasa agak panas. Jika hujan turun,
udara terasa dingin. Titik-titik air mulai turun
menjadi hujan rintik-rintik atau gerimis.
Bacalah sekali lagi teks bacaan tentang cuaca. Tuliskan informasi tentang cuaca yang kamu peroleh dari bacaan tersebut.
1. Cuaca dapat berubah setiap hari.
2. ............................................................................................................................................................
3. ............................................................................................................................................................
4. ............................................................................................................................................................
5. ......................................................................................................................................................................
Beni mengambil satu buah melon. Melon itu sudah dipotong-potong
oleh Dayu di rumah. Beni lalu menghitung
potongan melon tersebut.
Melon yang pertama telah dipotong menjadi 8 bagian
sama besar. Dalam bentuk nilai pecahan, bagian itu
dilambangkan dengan 1/8 .
Setelah itu, Edo mengambil buah melon yang kedua.
Melon itu juga sudah dipotong-potong. Edo menghitung
potongan melon tersebut. Melon yang kedua dipotong menjadi 6 bagian yang sama
besar. Dalam bentuk pecahan, bagian itu dilambangkan
dengan 1/6 . Lani
mengambil 1 potong buah dari melon yang pertama.
Sedangkan Beni mengambil 1 potong buah dari
melon yang kedua. Apakah potongan buah dari kedua melon
itu sama besar? Mengapa?
Comments
Post a Comment