CUACA TEMA 5 SUB TEMA 2 PB 5 & 6

Jumat, 17 Januari 2020 

MATERI AJAR

 TUJUAN PEMBELAJARAN



  •       Dengan kerja kelompok, siswa dapat menjelaskan dan menuliskan pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan lengkap.
  •      Dengan membaca, siswa dapat menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca secara lisan/tulisan dengan benar.
  •     Dengan berdiskusi, siswa dapat menyusun informasi tentang pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia dalam bentuk kalimat efektif dengan tepat.
  •      Dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpenyebut sama dengan benar.



  •     Dengan benda konkret, siswa dapat menyajikan perbandingan dua pecahan berpenyebut sama dengan tepat.



  • Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan
    Manusia?
         Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini. Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering. Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal agar tubuh tidak kedinginan. Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat. Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerap keringat.

    Dapatkah kamu menyusun informasi dari berita di atas?

    Tuliskan informasi tersebut pada tempat yang telah disediakan.

         Udara masih terasa sejuk. Lani dan teman-teman kembali bermain lompat tali. Talinya terbuat dari rangkaian karet gelang. Saat asyik bermain, tiba-tiba talinya putus. Karet-karet gelang berceceran di atas lapangan. Teman-teman langsung membantu Siti memperbaiki tali itu. Edo dan Beni memungut karet gelang yang berceceran di atas lapangan. Mereka mengumpulkan karet gelang itu ke Udin. Udin kemudian menyerahkan karet gelang tersebut kepada Siti. Dayu dan Lani membantu merangkai kembali karet gelang tersebut.

    Amati gambar di atas. Tuliskan pentingnya bersatu dalam keberagaman.



         Pecahan pada gambar di atas memiliki angka pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya berbeda. Makin besar angka penyebutnya, makin kecil pula bagian pecahan tersebut.



    MATERI AJAR


     TUJUAN PEMBELAJARAN
    1.      Dengan kerja kelompok, siswa dapat menjelaskan dan menuliskan pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan seharihari di lingkungan sekitar dengan lengkap.
    2.      Dengan membaca, siswa dapat menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca secara lisan/tulisan dengan benar.
    3.      Dengan presentasi, siswa dapat menyusun informasi tentang pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia dalam bentuk kalimat efektif dengan tepat.
    4.      Dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpenyebut sama dengan benar.
    5.      Dengan benda konkret, siswa dapat menyajikan perbandingan dua pecahan berpenyebut sama dengan tepat.


         Pagi ini, hujan masih turun rintik-rintik. Cuaca seperti ini sudah berlangsung sejak tadi malam. Hari ini, Siti dan teman-teman berjanji akan berkumpul di rumah Beni. Mereka akan berkreasi membuat alat peraga tentang pecahan dari barang bekas. Beni dan teman-teman bekerja sama membuat tugas alat peraga pecahan. Setiap anggota kelompok memiliki kemampuan yang berbeda. Namun, mereka bersatu menyelesaikan tugas tersebut.

        Apakah kamu pernah membuat tugas kelompok bersama teman? Apakah tugas yang kamu kerjakan saat itu? Tuliskan tugas kelompok yang pernah kamu kerjakan. Tuliskan juga alasan pentingnya bersatu dalam keberagaman.




    Latihan untuk dikerjakan di rumah :



    Comments

    Popular posts from this blog

    HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

    TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 4 PB 4

    HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 4