CUACA TEMA 5 SUB TEMA 3 PB 3 & 4

Rabu, 22 Januari 2020 

MATERI AJAR

 TUJUAN PEMBELAJARAN

  1.     Dengan kegiatan diskusi bersama, siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan pecahan berpenyebut sama dengan baik.
  2.      Dengan menyelesaikan soal, siswa dapat menyelesaikan masalah seharihari yang melibatkan penjumlahan pecahan berpenyebut sama dengan benar.
  3.     Dengan kegiatan diskusi bersama, siswa dapat menjelaskan carapenjumlahan pecahan berpenyebut sama dengan baik.
  4.     Dengan menyelesaikan soal, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan pecahan berpenyebut sama dengan benar.





MATERI AJAR

 TUJUAN PEMBELAJARAN

  1.      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia dengan benar.
  2.     Dengan kegiatan bermain peran, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap aktivitas manusia dengan baik.
  3.      Dengan bertanya jawab, siswa dapat menjelaskan kombinasi gerakan putaran dan ayunan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
  4.      Dengan kegiatan permainan, siswa dapat mempraktikkan gerakan putaran dan ayunan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
  5.     Dengan kegiatan bertanya jawab, siswa dapat menjelaskan bagaimana menunjukkan  sikap bersatu dalam keberagaman dengan benar.
  6.     Dengan kegiatan wawancara, siswa dapat menyimulasikan bagaimana sikap bersatu dalam keberagaman dengan benar.

    Hari ini, Edo tidak dapat hadir ke sekolah. Edo sakit flu dan demam. Kemarin saat pulang sekolah, Edo kehujanan. Edo lupa membawa payung ataupun jas hujan. Saat berangkat, Edo melihat matahari bersinar. Itu tanda cuaca akan cerah. Untuk itu, Edo tidak menyiapkan payung ataupun jas hujan. Ternyata, saat siang hari, langit berubah kelam. Pulang sekolah, hujan turun cukup deras. Perubahan cuaca membuat kondisi tubuh Edo berubah. Pernahkah kamu mengalami hal seperti Edo?


   Ceritakanlah pengalamanmu di depan kelas. Saat tubuhmu tidak bertahan akibat perubahan cuaca.
   Lakukan sambil bermain peran. Ada yang berperan sebagai orang yang sakit. Ia akan menceritakan kondisi yang dialaminya. Ada yang berperan sebagai teman. Ia akan menasihati untuk menjaga kondisi tubuh. Ada juga yang berperan sebagai guru. Ia akan menyemangati dan mendoakan agar cepat pulih.

    Memiliki sahabat sangat menyenangkan. Apalagi jika berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dayu dan teman-teman bersahabat dengan Komang di Bali. Mereka akan membantu para pengungsi Gunung Agung, Bali. Mereka telah menggalang bantuan dari warga sekolah. Bantuan berupa dana dan pakaian layak pakai.


     Menjalin persahabatan bisa dilakukan dengan siapa saja. Walau berbeda asal sukunya. Berbeda pula warna kulit. Bahkan, berbeda agamanya. Kita tetap bersahabat. Identifikasilah keberagaman suku bangsa di sekolahmu. Ada berapa macam suku bangsa di kelasmu?


Carilah informasi tentang asal dan kebiasaan suku bangsa dari temanmu!
    Wawancarai 2 teman yang ada di kelasmu. Susun daftar pertanyaan terlebih dahulu. Daftar pertanyaan itu akan kamu gunakan saat berwawancara.



Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 4 PB 4

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 4