BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 1 PB 3


Selasa, 13 Agustus 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : I / Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran   : 3

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga dengan benar.
  2.  Dengan melakukan pengamatan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat.
  3. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.   Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.     Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.     Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak.
2.        Menemukan dan menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
3.        Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
4.        Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·           Teks lagu “Berdayung
·           Gambar sebuah kertas
·           Teks bacaan “Benda-Benda di Sekitar Kita”
·           Alat dan bahan kegiatan percobaan (kertas, batu, piring, gelas)

Materi Pembelajaran
SBdP
Lagu bisa dinyanyikan dengan tekanan kuat dan tekanan lemah.
Masih ingatkah kamu lagu “Berdayung”?

Perhatikan tanda dinamiknya:
tanda ______ berarti dinyanyikan keras.
tanda ~~~~~~ berarti dinyanyikan lembut.
Baris yang tidak bertanda dinyanyikan biasa.

Bahasa Indonesia
Amatilah gambar di bawah ini!


Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tulisan tegak bersambung!
1.        Benda apakah yang dimaksud?
2.        Apakah kamu mempunyai benda tersebut?
3.        Bagaimana bentuknya?
4.        Apa kegunaannya?

Lakukan kegiatan berikut bersama temanmu!
Sifat-sifat Benda
Alat dan Bahan yang Diperlukan
1.        Kertas
2.        Batu
3.        Piring
4.        Gelas

Cara Kerja
1.        Letakkan kertas di atas lantai! Perhatikan bentuk dan besarnya!
2.        Ambil kertas tersebut dan pindahkan ke dalam piring. Apa yang dapat kamu lihat? Berubahkah bentuknya?
3.        Ambil batu dan letakkan di atas meja! Amati bentuk dan besarnya!
4.        Pindahkan batu tersebut ke dalam gelas! Apa yang dapat kamu lihat? Berubahkah bentuknya?
5.        Berdasarkan kegiatan ini, apa yang dapat kamu simpulkan?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Matematika


Amatilah gambar berikut!

Diskusikan dengan teman sebangkumu!

Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6