HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 2 PB 4
30 Oktober
2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : II
/ Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.3 Memahami gerak keseharian dalam tari.
Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan
tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
2.
Dengan
mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak koordinasi gerak kepala,
tangan, dan kaki dengan level dan hitungan/iringan dengan benar.
3.
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya
berdasarkan pola secara benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di sekolah.
2.
Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di sekolah.
3.
Membuat laporan sederhana tentang lingkungan tidak sehat di sekolah.
4.
Menirukan gerak menyapu lantai dalam bentuk tari.
5.
Menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Gambar
halaman sekolah yang tidak sehat
·
Gambar
bangun datar
·
Gambar
gerakan menari sambil menyapu lantai
Materi
Pembelajaran
Apa isi teks di atas? Bagaimana ciri-ciri pekarangan sekolah yang tidak bersih?
Amatilah
gambar di bawah dengan teliti! Tulislah
hasil pengamatanmu tentang pekarangan
sekolah
yang tidak bersih!
Apakah
yang dapat kamu ceritakan setelah mengamati
gambar?
Jika
melihat pekarangan sekolah kotor, apa yang kamu
lakukan?
Pekarangan
sekolah yang kotor harus dibersihkan.
Sampah-sampah
yang berserakan harus disapu.
Masih
ingatkah kamu dengan tari gerakan menyapu lantai?
Kamu
sudah pernah melakukan tari gerakan menyapu
lantai dengan hitungan dan iringan.
Sekarang,
kembangkan tari gerakan menyapu lantai
menggunakan pola lantai!
Tentukan
bentuk bangun datar selanjutnya sesuai dengan pola-pola berikut!
Tolong dijelaskan cara mengisinya bagaimana?
ReplyDeleteJawabannya
DeleteNama: firlana novi yanti
ReplyDeleteKelas: 6 D
Kehadiran: hadir