HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 2 PB 4

30 Oktober 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : I
Tema               : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema          : II / Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran   : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.3 Memahami gerak keseharian dalam tari.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

Tujuan Pembelajaran
1.        Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
2.        Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan level dan hitungan/iringan dengan benar.
3.        Melalui tanya jawab, siswa dapat menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di sekolah.
2.        Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di sekolah.
3.        Membuat laporan sederhana tentang lingkungan tidak sehat di sekolah.
4.        Menirukan gerak menyapu lantai dalam bentuk tari.
5.        Menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·           Gambar halaman sekolah yang tidak sehat
·           Gambar bangun datar
·           Gambar gerakan menari sambil menyapu lantai

Materi Pembelajaran

Apa isi teks di atas? Bagaimana ciri-ciri pekarangan sekolah yang tidak bersih?

Amatilah gambar di bawah dengan teliti! Tulislah hasil pengamatanmu tentang pekarangan
sekolah yang tidak bersih!
Apakah yang dapat kamu ceritakan setelah mengamati gambar?
Jika melihat pekarangan sekolah kotor, apa yang kamu lakukan?



Pekarangan sekolah yang kotor harus dibersihkan.
Sampah-sampah yang berserakan harus disapu.

Masih ingatkah kamu dengan tari gerakan menyapu lantai?
Kamu sudah pernah melakukan tari gerakan menyapu lantai dengan hitungan dan iringan.
Sekarang, kembangkan tari gerakan menyapu lantai menggunakan pola lantai!





Tentukan bentuk bangun datar selanjutnya sesuai dengan pola-pola berikut!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6