BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 2 PB 3

Selasa, 20 Agustus 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : II / Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran   : 3

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dan menggunakannya dalam kalimat dengan benar.
2.        Dengan melakukan pengamatan terhadap benda-benda di sekitar, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan benar.
3.        Dengan berdiskusi, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.
4.        Dengan mengamati gambar tentang gerakan kaki, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian kaki dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
2.        Menemukan dan menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
3.        Mengidentifikasi perkalian bilangan dengan angka 2, 1, dan 0.
4.        Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
5.        Melakukan gerak bagian kaki dengan hitungan.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·           Teks percakapan “Beni dan Teman-teman”
·           Teks ”Membuat Jus Jambu Biji”
·           Teks “Benda Cair”

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia

Apa yang dibicarakan Beni dan teman-temannya? Apa pengalaman berkesanmu ketika kamu bermain di rumah teman?

Dari alat dan bahan yang digunakan Beni dan teman-temannya untuk membuat jus, manakah yang termasuk benda cair?

Matematika





SBdP

Masih ingatkah kamu dengan gambar di atas? Ayo, peragakan kembali gerakan yang sudah kamu pelajari!


Comments

  1. Cara melakukan gerakan kaki pertama urutannya bagaimana? Berdiri tegak- setelah itu apa lagi? Kaki ditekuk dulu atau badan digerakkan ke arah kiri dulu?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6