BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 4 PB 6


Senin, 9 September 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : IV / Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran   : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan diskusi kelompok kecil, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek dengan percaya diri.
2.      Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan dengan percaya diri.
3.      Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
2.        Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda.
3.        Menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari.
4.        Menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan.
5.        Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian.
6.        Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, dan Matematika
·           Teks bacaan “Menunggangi Gajah”
·         Teks percakapan tentang manfaat mematuhi aturan menunggangi gajah
·         Gambar siswa bermain membeli tiket dengan antrean

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia


PKn



Matematika

Perhatikan soal berikut.
Kerjakan dengan cermat!
Berikut adalah data banyak hewan yang akan di tempatkan di kandang yang berbeda. Bantulah
petugas kebun binatang untuk menghitung banyak hewan untuk beberapa kandang berikut!
1. 16 : 8 : 2 = ... : ... = ...
2. 45 : 3 : 5 = ... : ... = ...
3. 33 : 11 : 3 = ... : ... = ...
4. 42 : 3 : 7 = ... : ... = ...
5. 54 : 3 : 6 = ... : ... = ...
6. 56 : 4 : 7 = ... : ... = ...
7. 40 : 4 : 5 = ... : ... = ...
8. 72 : 9 : 4 = ... : ... = ...
9. 84 : 7 : 4 = ... : ... = ...
10. 90 : 5 : 6 = ... : ... = ...

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6