BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 1 PB 5
Kamis, 15 Agustus 2019
MATERI AJAR
Kelas : II D
Semester : I
Tema : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : I / Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan melakukan pengamatan tentang sifat-sifat benda, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana dengan benar.
2. Dengan mendengarkan guru membaca teks “Meniup Balon”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.
3. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
4. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda.
2. Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
3. Mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4. Mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
5. Mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
· Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
· Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
· Buku Paket Bahasa Indonesia dan PPKn
· Teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas”
· Alat dan bahan kegiatan percobaan (balon dan kantong plastik bening)
· Teks bacaan “Meniup Balon”
Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Tuliskan jawaban dari pertanyaan berikut berdasarkan teks percakapan di atas!
1. Apa yang dibicarakan perahu kertas dengan balon?
2. Mengapa balon bisa menggelembung?
3. Mengapa perahu kertas bisa berlayar jika diapungkan?
4. Sebutkan beberapa benda yang memiliki sifat yang sama seperti balon!
Lakukan kegiatan berikut bersama temanmu!
Sifat-sifat Benda
Alat dan Bahan yang Diperlukan
1. Balon
2. Kantong plastik bening
Cara Kerja
1. Tiuplah balon sampai menggelembung. Kemudian ikat mulut balon dengan karet.
2. Tiuplah kantong plastik sampai mengembang. Selanjutnya, ikat mulut plastik dengan karet.
3. Amatilah bentuk balon dan kantong plastik tersebut. Bagaimanakah bentuk balon dan kantong plastik? Tuliskan simpulanmu!
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PPKn
Di bawah ini adalah beberapa aturan di rumah Beni. Bacalah dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Bagaimana dengan aturan di rumahmu? Berikan tanda centang pada kolom yang sesuai!
Comments
Post a Comment