TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 4 PB 3
15 Oktober 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : III / Tugasku Sehari-hari
Subtema : IV / Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
PKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan dongeng, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
2. Dengan mengamati gambar dan mendengarkan dongeng Gagak Sang Pembohong, siswa dapat mengenal individu berdasarkan perbuatannya.
3. Dengan mengamati gambar dan teks yang ada, siswa dapat mengenal individu berdasarkan jenis kelaminnya.
4. Dengan mengamati gambar dan teks yang disajikan, siswa dapat menentukan pecahan uang sesuai harga barang dan menaksir harga barang.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. Mendengarkan cerita yang berkaitan dengan kehidupan sosial.
2. Mengamati gambar individu berdasar jenis kelaminnya.
3. Mengamati gambar dan teks untuk menentukan pecahan uang sesuai harga barang.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
· Buku Guru Tema III Tugasku Sehari-hari
· Buku Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
· Buku Paket Bahasa Indonesia, PKn, dan Matematika
· Berbagai pecahan uang
Materi Pembelajaran
Gagak Sang Pembohong
Aku adalah burung gagak. Makananku daging bangkai hewan lain, bulu dan paruhku berwarna hitam, suaraku berkoak membuat merinding siapapun yang mendengarnya. Walaupun aku makan daging tapi aku juga suka menyantap telur burung lain. Ini adalah sepenggal kisahku.
Di pagi yang cerah, empat burung pipit sedang bercanda penuh keakraban. Beberapa saat kemudian, pandangan mereka tertuju ke arah dahan yang lebih tinggi. Di atasnya, seekor burung bertengger memandangi mereka. Ia layaknya seorang raja yang bijaksana. Warna hitam yang membalut tubuhnya, semakin membuatnya tampak berwibawa.
“Hai … burung kecil yang lucu. Aku adalah burung yang sedang tersesat. Aku meninggalkan wilayahku karena di sana banyak pemburu yang mengincar kami. Bolehkah untuk beberapa hari ini aku tinggal bersama kalian? Aku akan menjadi sahabat terbaik dan siap membantu kalian”.
“Tentu … !” teriak burung pipit riang. Burung pipit senang. Ia langsung mengutarakan masalah yang sering menimpa mereka. Tampaknya mereka sangat percaya kepada Gagak yang siap membantu.
“Kami sedih sekali, setiap kali kami pergi mencari makan, telur-telur kami selalu dicuri oleh ular,” ungkap pipit. Gagak mendengarkan dengan penuh saksama, sambil ia berpikir untuk melaksanakan niat jahatnya.
“Baiklah, serahkan saja urusanmu padaku. Silakan kau cari makan dan aku akan berjaga agar telur-telurmu tidak dicuri lagi. Dasar burung ceroboh! Mereka sama sekali tidak berhati-hati. Padahal, aku baru saja dikenalnya. Sekarang saatnya aku menikmati telur-telur ini.
“krrch..pyar.. lezat sekali telur ini … hm….!! Gagak merasa lapar lagi. Tanpa keraguan… krcch …pyar… telur-telur itu disantapnya. Saking lahapnya, tidak memedulikan sekitarnya. Tanpa disadari, seekor cecak mengawasi perbuatannya.
Hari mulai sore, saatnya burung-burung pipit beristirahat dan kembali ke sarang. Apa yang terjadi ketika mereka tiba? Pipit sungguh terkejut dengan apa yang dilihatnya. Telur-telurnya pecah berserakan.
“Siapakah pelakunya? Ular tak pernah meninggalkan cangkang seperti ini.
“Hai … burung pipit, aku sangat kasihan melihatmu. Aku tahu pelakunya adalah Gagak yang licik. Aku melihatnya sendiri,” kata cecak. Keesokan harinya, gagak menghampiri mereka. Ia tampak bersedih.
“Maafkan aku burung-burung kecil yang lucu. Saat aku menjaga telurmu ada burung elang mau mendatangi telurmu, lalu aku mengusirnya. Aku sangat kaget, ketika aku kembali, telur-telurmu sudah pecah. Aku berjanji hal itu tidak akan terjadi lagi” ungkap gagak tampak penuh penyesalan. Keempat burung pipit pergi agak jauh dari sarangnya. Mereka bermusyawah di dekat rumah penduduk.
“Kita harus memberi pelajaran kepada Gagak. Agar dia tahu kesalahannya”. Oke kita bagi tugas, ada yang menyiapkan tempat, dan ada yang mematuk dahan pohon nangka agar getahnya keluar. Ayo, kumpulkan getah sebanyak-banyaknya, lalu kita taruh di sekeliling sarang”. Mereka bergotong royong.
Keesokan harinya, gagak melaksanakan tugasnya menjaga telur. Di balik semak-semak, burung-burung pipit memperhatikan dengan saksama.
“Hei lihat, gagak itu mulai mendatangi telur-telurmu”. Bisik pipit. Belum sampai gagak di telur itu, tiba-tiba kakinya terasa lengket dan tidak bisa bergerak.
“Gagak, perbuatanmu sudah terungkap. Kamu tidak perlu mengelak. Jika benar ular yang memakan telur-telurku, pastilah dia akan menelannya dengan kulitnya. Kalaupun dimuntahkan, kulitnya pasti remuk. Cecak juga menjadi saksi atas perbuatanmu yang tidak terpuji itu. “ kata burung pipit.
“Maafkan aku burung pipit, selama ini aku telah membohongi kalian. Aku telah memanfaatkan kepercayaan dengan memakan telur-telur kalian” kata burung gagak.
“Baiklah kami maafkan, tapi kau harus berjanji untuk tidak mengulangi perbuatanmu lagi.“ Kata burung pipit.
Setelah kamu mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh ibu guru, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang dilakukan Sang Gagak?
2. Apa yang dilakukan burung pipit untuk menjebak Sang Gagak?
3. Apakah yang kamu peroleh pada kisah di dongeng "Gagak Sang Pembohong"?
Isilah petak-petak di bawah!
Mendatar adalah siswa perempuan. Menurun adalah siswa laki-laki.
Hari ini, ibu guru memberikan pengumuman.
Besok, sekolah Siti akan mengadakan upacara.
Upacara tersebut dalam rangka Hari Sumpah Pemuda.
Upacara akan dihadiri oleh perangkat desa dan masyarakat.
Setelah upacara, akan diadakan bakti sosial.
Bakti sosial tujuannya memberi bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu.
Siti dan teman-teman juga menyiapkan bingkisan.
Mereka membelikan buku, penghapus, pensil, dan alat tulis lain.
Berikut barang-barang yang akan mereka sumbangkan.
Kucijawaban
ReplyDelete