BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 2 PB 6
Jumat, 23 Agustus 2019
MATERI AJAR
Kelas : II D
Semester : I
Tema : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : II / Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan berdiskusi, menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dengan benar.
2. Dengan kegiatan tanya jawab tentang teks percakapan, siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
3. Dengan kegiatan tanya jawab tentang teks percakapan, siswa dapat menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah dengan benar.
4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. Menemukan dan menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
2. Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
3. Mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah.
4. Menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
5. Menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah.
6. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
· Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
· Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
· Buku Paket Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika
· Tabel permainan kosakata
· Teks percakapan “Beni dan Ibu tentang Manfaat Aturan”
Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Temukan kata pada kolom huruf berikut!
Tuliskan kata-kata yang telah kamu temukan pada kolom berikut!
No.
|
Kata Benda
|
Wujud
|
Kegunaan
|
1.
| |||
2.
| |||
3.
| |||
4.
| |||
5.
|
PPKn
Tuliskan pendapatmu berdasarkan gambar berikut!
Dari keempat gambar tersebut, manakah sikap yang mematuhi aturan? Sikap manakah yang tidak mematuhi aturan? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut!
Matematika
Beni diminta ibu untuk merapikan buku-buku yang tidak terpakai lagi. Buku-buku tersebut dimasukkan ke dalam 3 dus. Masing-masing dus berisi 8 buku. Berapa banyak buku yang dirapikan Beni?
Penyelesaian:
Banyak dus = 3
Setiap dus berisi = 8 buku
Banyak buku yang dirapikan Beni adalah:
3 X 8 = 24
Jadi, banyak buku yang dirapikan Beni adalah 24 buku.
Comments
Post a Comment