HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 2 PB 3
29 Oktober 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : II
/ Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.3 Memahami gerak keseharian dalam tari.
Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui penugasan, siswa dapat mencatat
isi teks yang berkaitan dengan lingkungan
tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
2.
Melalui
penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan
tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
3.
Dengan
mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak koordinasi gerak kepala,
tangan, dan kaki dengan level dan hitungan/iringan dengan benar.
4.
Melalui
tanya jawab, siswa dapat mengelompokan bangun datar berdasar banyak sisi,
sudut, dan titik sudut dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di sekolah.
2.
Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di sekolah.
3.
Membuat laporan sederhana tentang lingkungan tidak sehat di sekolah.
4.
Menirukan gerak menyapu lantai dalam bentuk tari.
5.
Menentukan bangun datar berdasarkan banyaknya sisi, sudut, dan titik sudut.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Gambar
dan bentuk bangun datar
·
Gambar-gambar contoh ruangan kelas di sekolah yang tidak sehat.
Materi Pembelajaran
Informasi apa yang kamu peroleh dari
teks di atas?
Amatilah
gambar berikut dengan teliti! Apa
yang kamu lakukan jika melihat kelasmu seperti
pada
gambar?
Tuliskan
tentang kelas yang tidak bersih berdasarkan pengamatanmu!
Kelas
yang tidak bersih harus dibersihkan. Kelas
harus disapu agar tidak ada debu yang
menempel. Gerakan menyapu dapat membentuk gerakan
tari.
Masih
ingatkah kamu gerakan menyapu lantai dalam bentuk
tari?
Coba
amati kembali gambar alat musik tifa. Permukaan
dinding tifa membentuk pola bangun
Datar segi empat dan segitiga. Segitiga dan segi empat merupakan contoh
bangun datar.
Tahukah
kamu contoh bangun datar yang lain?
Tentukanlah
bangun datar yang sesuai dengan banyak
sisi, sudut, dan titik sudut berikut!
Comments
Post a Comment