BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 2 PB 4

Rabu, 21 Agustus 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : II / Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran   : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan melakukan pengamatan, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya dengan benar.
2.        Dengan mengamati gambar dan bimbingan guru, siswa dapat melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan dengan benar.
3.        Dengan berdiskusi, siswa dapat melengkapi tabel perkalian dengan benar.
4.        Dengan bimbingan guru, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.      Melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan.
2.      Mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya.
3.      Melengkapi tabel perkalian.
4.      Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·           Teks “Ayo Menari”
·           Gambar “Beni dan Teman-teman sedang Latihan Menari”
·           Gambar “Koordinasi Gerakan Kepala, Tangan, dan Kaki”
·            Teks “Benda Gas”

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia

Masih ingatkah kamu dengan kegiatan Beni dan teman-teman bermain pesawat kertas? Bagaimana cara pesawat kertas terbang?

Amati benda-benda di berikut! Beri tanda centang (V) pada benda yang mengandung gas dan tanda silang (X) pada benda yang bukan gas




SBdP
Amatilah gambar berikut, kemudian peragakanlah sesuai bimbingan gurumu!

Matematika
Amatilah tabel di bawah ini! Isikan bagian yang terhalang oleh benda-benda dengan benar!


Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6