HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 2 PB 6

1 November 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : I
Tema               : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema          : II / Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran   : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1.        Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
2.        Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman dan akibat dari hidup tidak bersatu di sekolah dengan benar.
3.        Melalui tanya jawab, siswa dapat menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Membaca lancar teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
2.        Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
3.        Membuat laporan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
4.        Menjelaskan manfaat dan kerugian apabila tidak hidup bersatu di sekolah.
5.        Mensimulasikan pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah.
6.        Menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, PKn dan Matematika
·           Gambar bangun datar
·           Gambar manfaat hidup bersatu dan akibat tidak hidup bersatu

Materi Pembelajaran


Amatilah gambar di bawah dengan teliti! Apa isi gambar tersebut? Bagaimana dengan lingkungan sekolahmu?

Amati pekarangan sekolahmu!
Apa saja yang kamu lakukan agar pekarangan sekolahmu bersih?

Semua warga sekolah bertanggung jawab menjaga kebersihan sekolah.
Semua warga sekolah harus menunjukkan sikap hidup dalam kebersamaan.
Coba diskusikan dengan temanmu. Apakah manfaat hidup dalam kebersamaan di sekolah?
Diskusikan dengan temanmu apa akibatnya jika tidak hidup kebersamaan di sekolah?

Amati meja yang diangkat Dayu dan Edo.
Bagaimana bentuk permukaan meja?


Persegi panjang dapat dibentuk menjadi pola
tertentu. Persegi panjang membentuk pola dengan
bangun datar yang lain.




Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6