HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 2 PB 6
1 November
2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : II
/ Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara
menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
2.
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman dan
akibat dari hidup tidak bersatu di sekolah dengan benar.
3.
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya
berdasarkan pola dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Membaca lancar teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
2.
Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
3.
Membuat laporan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
4.
Menjelaskan manfaat dan kerugian apabila tidak hidup bersatu di sekolah.
5.
Mensimulasikan pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah.
6.
Menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, PKn dan Matematika
·
Gambar
bangun datar
·
Gambar
manfaat hidup bersatu dan akibat tidak hidup bersatu
Materi Pembelajaran
Amatilah gambar di bawah dengan teliti! Apa isi gambar tersebut? Bagaimana dengan lingkungan sekolahmu?
Amati
pekarangan sekolahmu!
Apa
saja yang kamu lakukan agar pekarangan sekolahmu bersih?
Semua
warga sekolah bertanggung jawab menjaga kebersihan
sekolah.
Semua
warga sekolah harus menunjukkan sikap hidup
dalam kebersamaan.
Coba
diskusikan dengan temanmu. Apakah manfaat
hidup dalam kebersamaan di sekolah?
Diskusikan
dengan temanmu apa akibatnya jika tidak
hidup kebersamaan di sekolah?
Amati
meja yang diangkat Dayu dan Edo.
Bagaimana
bentuk permukaan meja?
Persegi
panjang dapat dibentuk menjadi pola
tertentu.
Persegi panjang membentuk pola dengan
bangun
datar yang lain.
Comments
Post a Comment