TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 4 PB 1 DAN 2
14 Oktober 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : III / Tugasku Sehari-hari
Subtema : IV / Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran : 1 dan 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
PKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati denah rumah dan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan isi teks berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri.
2. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat membandingkan pecahan uang secara cermat.
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan panjang pendek bunyi dengan percaya diri.
4. Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyampaikan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila di rumah.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. Mengamati cerita yang berkaitan kehidupan sosial.
2. Menemukan kosakata berkaitan kehidupan sosial.
3. Menghitung nilai sekelompok pecahan uang.
4. Menaksir harga barang dengan sekelompok pecahan uang yang setara.
5. Membuat prakarya dari bahan alam.
6. Mencermati isi teks serta mengelompokkan perbedaan individu berdasarkan jenis kelamin di sekolah.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
· Buku Guru Tema III Tugasku Sehari-hari
· Buku Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
· Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
· Berbagai pecahan mata uang.
· Bahan prakarya dari bahan alam dan buatan.
· Teks cerita yang berkaitan dengan kehidupan sosial.
Materi Pembelajaran
Siswa kelas 2 rajin belajar.
Mereka sering belajar kelompok.
Ibu guru membimbing siswa dalam kerja kelompok.
Semua siswa menghormati guru. Semua gurumenyayangi siswa.
Selama kerja kelompok, antarsiswa saling bekerja sama.
Menghormati guru dan menyayangi teman adalah tugas siswa.
Ibu guru mengingatkan Siti dan teman-teman untuk selalu bekerja sama.
Kita tidak dapat hidup sendiri.
Semua orang membutuhkan orang lain.
Manusia adalah makhluk sosial.
Hari ini, ibu guru memberi tugas secara kelompok.
Setiap kelompok harus bekerja sama.
Tugasnya adalah membuat prakarya dengan bahan alami.
Sebelum membuat prakarya, setiap kelompok menyiapkan bahan.
Bahan-bahan yang digunakan adalah biji-bijian.
Siti dan kelompoknya membeli kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, dan biji jagung.
Membuat Bingkai Foto dari Biji-bijian
Bahan:
1. Karton 5. Kacang hijau
2. Lem 6. Kacang kedelai
3. Kacang tanah 7. Foto
4. Biji jagung
Alat:
1. Pena
2. Gunting
3. Penggaris
Cara Membuat:
1. Guntinglah karton membentuk persegi panjang. Hati-hati saat menggunakan gunting!
2. Berilah garis di setiap pinggiran karton untuk membuat bingkai.
3. Tempelkan biji yang kamu pilih di setiap sudut karton. Berilah lem terlebih dahulu.
4. Setelah bingkai terpasang biji-bijian, pasang foto kamu.
Dalam membuat prakarya guru membagi siswa menjadi kelompok. Beberapa kelompok putra dan
kelompok putri. Tulislah nama anggota kelompok putra dan putri!
Comments
Post a Comment