BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 4 PB 1 DAN 2

Senin, 2 September 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : IV / Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran   : 1 dan 2

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

PKn
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan mendengarkan teks percakapan tentang pergi wisata ke pantai, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan percaya diri.
2.        Dengan mengerjakan soal latihan tentang pembagian, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.
3.        Dengan mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahan alami dengan disiplin.
4.        Dengan diskusi kelompok kecil, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda.
2.        Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.
3.        Mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami.
4.        Menjelaskan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
·           Teks percakapan tentang pergi wisata ke pantai
·           Lagu cara membuat layang-layang.
·           Teks percakapan tentang menghitung layang-layang
·           Teks percakapan membuat karya hiasan.
·           Teks percakapan tentang dialog aturan yang harus dipatuhi di tempat umum, terutama di pantai

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Amatilah gambar di atas! Apa yang sedang mereka lakukan? Benda apa saja yang ada di pantai?
No.
Nama Benda
Padat
Cair
Gas
1




2




3




4




5





Bacalah Percakapan berikut!
Bu Guru : “Anak–anak, kita sekarang sudah di lingkungan pantai. Bagaimana perasaan kalian?”
Beni : “Kami sangat senang, Bu.”
Bu Guru : “Sekarang silakan bermain dulu, tetapi tidak boleh jauh-jauh. Paham, anak-anak?”
Siswa : “Paham, Bu.”
Beni : “Bu, saya ingin bermain layang-layang”.
Bu Guru : “Boleh, Beni.”
Lani : “Kalau kami ingin menulis-nulis di pasir, Bu.”
Bu Guru : “Silakan. Tetapi ingat, jangan terlalu dekat dengan tepi pantai, ya.”
Siswa : “Baik, Bu.”
Bu Guru : “Sebelum bermain, Ibu mau bertanya. Benda apa saja yang ada di pantai?”
Dayu : “Kapal, pancingan, keranjang ikan, jaring, pelampung, dan sampan, Bu.”
Mey : “Pasir, batu, air, dan kerang, Bu.”
Udin : “Balon dan layang-layang, Bu.”
Bu Guru : “Pintar anak-anak Ibu semua, beri tepuk tangan untuk kita semua.”

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks percakapan!
1.        Bagaimana perasaan siswa ketika sampai di pantai?
2.        Siapa yang ingin bermain layang-layang?
3.        Apa yang ingin dilakukan Lani?
4.        Apa yang ditanyakan Bu Guru kepada siswa?
5.        Apa saja benda yang ada di pantai?

Matematika
Amati percakapan Beni dan Siti!
Dari percakapan di atas dapat kita ketahui bahwa:
·           Suatu bilangan jika dibagi 1 hasilnya adalah bilangan itu sendiri.
·           Suatu bilangan jika dibagi dengan bilangan itu sendiri hasilnya adalah 1.

SBdP
Tahukah kamu ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami?
Ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami diataranya menggunakan bahan kering. Bahan tersebut terdapat di alam bebas. Karya hiasan didominasi dengan bahan alam. Alat yang bisa kita gunakan adalah
lem untuk menempelkannya dan kertas karton sebagai tempat menempelkannya. Namun, bisa juga ditambahkan dengan bahan lain seperti daun kering, biji tumbuhan yang berwarna, dan lainnya.

PKn
Amatilah gambar di atas! Benarkah apa yang disampaikan Beni kepada Lani dan Dayu? Apa yang sebaiknya kita lakukan saat melihat hal tersebut?

Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6