BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 3 PB 4


Rabu, 28 Agustus 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : III / Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran   : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya dengan tepat.
2.        Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat mengubah kalimat pembagian menjadi kalimat perkalian dengan tepat.
3.        Dengan mengerjakan latihan sederhana, siswa dapat menghitung hasil bagi dua bilangan melibatkan bilangan cacah sampai dengan 100 dengan cermat.
4.        Dengan mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Melakukan pengamatan sederhana tentang benda pada permainan bola kertas.
2.        Mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya.
3.        Berlatih mengubah pembagian ke bentuk perkalian.
4.        Diskusi tentang langkah-langkah menggambar imajinatif.
5.        Menggambar imajinatif (vas bunga) menggunakan susunan karet gelang berbeda warna.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·           Lembar pengamatan tentang benda pada bola kertas.
·           Teks percakapan tentang pembagian merupakan kebalikan dari perkalian.
·           Gambar imajinatif (vas bunga) menggunakan susunan karet gelang berbeda warna.

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Amatilah gambar berikut! Apa yang dilakukan Beni dan teman-teman?
Alat apa saja yang digunakan dalam permainan tersebut? Bagaimana ciri-cirinya?
SBdP
Bagaimanakah cara membuat gambar imajinatif?
Apa saja langkah-langkah yang perlu diperhatikan?
Amatilah gambar berikut! Gambarkan di buku gambarmu!

Matematika

Apa yang kamu dapat dari percakapan Beni dan Udin di atas? Bagaimana cara mengubah pembagian ke bentuk perkalian? Kerjakanlah latihan soal yang ada di buku siswa!

Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6