HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2
Hari/ tanggal : Senin /
21 Oktober 2019
Kelas :
2
Tema/ Subtema : 4 (Hidup
Bersih dan Sehat)/ 1(Hidup Bersih dan Sehat di Rumah)
Pembelajaran : 1
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal
kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di
lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.4.1 Menyebutkan
isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat mengunakan bahasa
lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
dengan benar)
3.4.2 Mencatat isi
teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat
3.4.3 menemukan
kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan
secara benar
3.4.4 menjelaskan
makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang
dibacakan secara benar
3.4.5 membaca teks
pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang
tepat
Matematika
3.9 Menjelaskan ruas
garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
3.9.1 Menentukan
ruas garis yang membatasi model bangun datar secara benar
SBDP
3.2 memahami pola
irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 membedakan
panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan symbol dengan benar
Tujuan pembelajaran
·
Siswa dapat membedakan panjang dan pedek
bunyi pada lagu anak menggunakan symbol dengan benar
·
Siswa dapat memainkan/menyuarakan panjang
dan pendek bunyi pada lagu anak secara benar
·
Siswa dapat menyebutkan isi teks yang
dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat
dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) dengan benar
·
Siswa dapat mencatat isi teks yang
berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat
·
Siswa dapat menemukan kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
·
Siswa dapat menentukan ruas garis yang
membatasi model bangun datar secara benar
·
Siswa dapat mengidentifikasi ruas garis
yang membatasi model bangun datar secar tepat
Materi ajar
Perkenalan Tema 4 Subtema 1 mengenai Hidup bersih dan
sehat. Dayu melakukan kegiatan bersih-bersih bersama keluarga.
Siswa menyayikan lagu Membuang sampah dengan nada dan
lirik yang tepat
Membaca dialog semut dan lebah tentang cara hidup sehat
Memasangkan kata dengan makna yang sesuai sepengetahuan
siswa mengenai hidup sehat dan bersih
Kelas :
2
Tema/ Subtema : 4 (Hidup
Bersih dan Sehat)/ 1(Hidup Bersih dan Sehat di Rumah)
Pembelajaran : 2
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau
eksplorasi lingkungan.
3.4.1
membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan
intonasi yang tepat
3.4.2 Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan
dengan lingkungan sehat mengunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman dengan benar)
PKn
3.4 memahami makna
bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.4.1 mengidentifikasi
berbagai kegiatan di rumah yang menunjukan persatuan dalam keberagaman secar
tepat
3.4.2 menyebutkan
3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di rumah secara benar
Tujuan pembelajaran
·
Siswa dapat menyebutkan isi teks yang
dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat
dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) dengan benar
·
Siswa dapat mencatat isi teks yang
berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat
·
Siswa dapat menemukan kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
·
Siswa dapat mengidentifikasi berbagai
kegiatan di rumah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman secara tepat
·
Siswa dapat menyebutkan 3-5 sikap agar
terwujud persatuan dalam keberagaman di rumah secara benar
·
Siswa dapat menceritakan tentang
pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah menggunakan
bahasa yang santun
Materi ajar
Mengamati alat kebersihan yang biasa digunakan di rumah contohnya, Kain
pel. Bagaimana bentuknya dan ruas garisnya.
Mendeskripsikan kegiatan apa yang Dayu dan keluarganya lakukan
Menjawab pertanyaan berdasarkan pengamatn dan teks yang telah dibaca
siswa.
Membaca teks Halaman Rumah Dayu Indah dan Asri
Comments
Post a Comment