HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

Hari/ tanggal                                       : Senin / 21 Oktober 2019
Kelas                                                   : 2
Tema/ Subtema                                   : 4 (Hidup Bersih dan Sehat)/ 1(Hidup Bersih dan Sehat di Rumah)
Pembelajaran                                       : 1

Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.4.1 Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat mengunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman dengan benar)
3.4.2 Mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat
3.4.3 menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
3.4.4 menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
3.4.5 membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat

Matematika
3.9 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
3.9.1 Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar secara benar

SBDP
3.2 memahami pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan symbol dengan benar

Tujuan pembelajaran
·         Siswa dapat membedakan panjang dan pedek bunyi pada lagu anak menggunakan symbol dengan benar
·         Siswa dapat memainkan/menyuarakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak secara benar
·         Siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) dengan benar
·         Siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat
·         Siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
·         Siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar secara benar
·         Siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun datar secar tepat

Materi ajar
  

Perkenalan Tema 4 Subtema 1 mengenai Hidup bersih dan sehat. Dayu melakukan kegiatan bersih-bersih bersama keluarga.

Siswa menyayikan lagu Membuang sampah dengan nada dan lirik yang tepat


Membaca dialog semut dan lebah tentang cara hidup sehat

Memasangkan kata dengan makna yang sesuai sepengetahuan siswa mengenai hidup sehat dan bersih


Membaca teks Rumah yang menyehatkan dilihat dari ciri-cirinya, setelah itu menulis hasil pengamatan tentang rumah yang bersih dari teks yang sudah dibacakan sebelumnya.


Kelas                                                   : 2
Tema/ Subtema                                   : 4 (Hidup Bersih dan Sehat)/ 1(Hidup Bersih dan Sehat di Rumah)
Pembelajaran                                       : 2

Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.4.1 membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.4.2 Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat mengunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman dengan benar)
PKn
3.4 memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.4.1 mengidentifikasi berbagai kegiatan di rumah yang menunjukan persatuan dalam keberagaman secar tepat
3.4.2 menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di rumah secara benar

Tujuan pembelajaran
·         Siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) dengan benar
·         Siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat
·         Siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
·         Siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di rumah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman secara tepat
·         Siswa dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di rumah secara benar
·         Siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah menggunakan bahasa yang santun

Materi ajar

      
Mengamati alat kebersihan yang biasa digunakan di rumah contohnya, Kain pel. Bagaimana bentuknya dan ruas garisnya.

Mendeskripsikan kegiatan apa yang Dayu dan keluarganya lakukan


Menjawab pertanyaan berdasarkan pengamatn dan teks yang telah dibaca siswa.


Membaca teks Halaman Rumah Dayu Indah dan Asri

Menceritakan kembali Gambar yang telah diamati oleh siswa dan membacanya di depan kelas dengan suara yang lantang dan intonasi lafal yang tepat

Comments

Popular posts from this blog

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 4 PB 4

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 4