HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 2 PB 5
31 Oktober 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : II
/ Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan
lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2.
Melalui
penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan
sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
3.
Melalui
penugasan, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan
bersatu dalam keberagaman di sekolah menggunakan bahasa yang santun.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Membaca lancar teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
2.
Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
3.
Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
4.
Membuat laporan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
5.
Menyebutkan sikap agar terwujud persatuan dalam di sekolah.
6.
Menceritakan pengalaman tentang kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
paket PKn dan Bahasa Indonesia
·
Gambar yang berhubungan dengan cara
menjaga kebersihan dan kesehatan
ruangan kelas.
·
Gambar berbagai bentuk kegiatan bersatu dalam keberagaman di dalam ruang kelas.
Materi
Pembelajaran
Apa isi teks di atas? Sudah tahukah kamu cara menjaga kelas agar bersih dan sehat?
Amati
gambar di bawah ini! Apa
saja yang dilakukan Dayu dan teman-teman?
Tuliskan
hasil pengamatanmu dalam bentuk laporan
sederhana!
Dayu
dan teman-teman telah menjaga kebersihan ruang
kelas.
Mereka
menjaga kebersihan kelas bersama.
Sikap
mereka pantas untuk ditiru.
Sikap
itu merupakan contoh kebersamaan di kelas.
Tahukah
kamu dengan kegiatan yang menunjukkan sikap
kebersamaan di kelas?
Comments
Post a Comment