TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 3 PB 4 DAN 5


Kelas                           : 2
Tema / Subtema          : 3 (Tugasku Sehari-hari) / 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)
Pembelajaran               : 4 dan 5

KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonsia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jeniskeberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan,
siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan budaya di
sekolah.
2. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan, siswa
menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya di sekolah.
3. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan, siswa
menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya di
sekolah.
4. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan, siswa memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan
agama.
5. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan, siswa mengelompokkan perbedaan individu di sekolah
berdasarkan agama.
6. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan, siswa dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan
uang.
7. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan, siswa dapat mengurutkan harga.




Bahasa Indonesia


Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti mengakhiri belajar
kelompok pukul 18.00.
Menjelang pukul 18.00 terdengar suara azan.
Siti minta izin untuk melaksanakan salat.
Edo dan teman-teman mengantar Siti ke musala depan
rumah Dayu.
Mereka menunggu Siti di luar musala.
Edo dan teman-temannya mendukung Siti untuk
beribadah.
Menghormati teman beribadah adalah tugas siswa.

Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!
1. Adakah dari uraian di atas kamu temukan tugasmu
sebagai umat bergama?
________________________________________________
________________________________________________
2. Mengapa Edo dan teman-temannya mau mengantar
Siti ke musala?
________________________________________________
________________________________________________
3. Bolehkah Edo dan teman-temannya melarang Siti
beribadah?
________________________________________________
________________________________________________
4. Bolehkah Siti mengajak teman-temannya melakukan
ibadahnya?
________________________________________________
________________________________________________

PPKn


Pembelajaran 5
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonsia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jeniskeberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mencermati gambar permainan rounders dan isi teks serta
penjelasan guru, siswa dapat memahami gerakan melempar, menangkap,
dan memukul bola.
2. Dengan mencermati gambar permainan rounders dan isi teks serta
penjelasan guru, siswa dapat melakukan gerakan melempar, menangkap,
dan memukul bola.
3. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami
isi teks berkaitan dengan permainan rounders.
4. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan
kosakata berkaitan dengan permainan rounders.
5. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan
makna kosakata berkaitan dengan permainan rounders.
6. Dengan mencermati isi teks serta penugasan guru, siswa dapat memahami,
menjaga hubungan antarteman, antaragama.








Bahasa Indonesia

Edo dan teman-temannya bermain Bola Tangan.
Mereka membentuk 2 kelompok.
Mereka tidak membeda-bedakan teman.
Semua bisa menjadi kelompok Edo.
Mereka tidak membeda-bedakan agama mereka.
Menyayangi teman adalah tugas siswa.

Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!
1. Adakah dari uraian di atas kamu temukan tugasmu
sebagai umat bergama?
________________________________________________
2. Mengapa Edo dan teman-temannya dapat
bekerjasama?
________________________________________________







PPKn



Comments

Popular posts from this blog

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 1 PB 6

TUGASKU SEHARI-HARI TEMA 3 SUB TEMA 2 PB 6