HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 2 PB 1 DAN 2
28 Oktober
2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : II
/ Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 1
dan 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.3 Memahami gerak keseharian dalam tari.
Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
PKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
2.
Melalui
penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan
sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
3.
Dengan
mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak dengan
benar.
4.
Dengan
berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa dapat menentukan bangun datar
berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
5.
Melalui
mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah
yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru
menyampaikan kegiatan pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Membaca
lancar teks yang berhubungan
dengan lingkungan sehat di sekolah.
2.
Membuat laporan sederhana tentang lingkungan sehat di sekolah.
3.
Menirukan gerak menyapu lantai dalam bentuk tari.
4.
Menentukan bangun datar berdasarkan banyaknya sisi, sudut, dan titik sudut.
5.
Menyebutkan
sikap agar terwujud persatuan di sekolah.
6.
Menceritakan
pengalaman melakukan kegiatan bersatu di sekolah.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran
dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
·
Gambar-gambar yang berhubungan dengan
kegiatan yang mencerminkan
sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.
Materi
Pembelajaran
Apa
yang dilakukan Dayu dan teman-teman?
Apakah
kamu setuju dengan kegiatan mereka?
Pernahkah
kamu melakukan kegiatan seperti mereka?
Bagaimana
perasaanmu setelah melakukan kegiatan itu?
Temukanlah
makna kata-kata berikut dengan benar!
Amatilah
gambar di bawah dengan teliti!
Tirukan
gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari seperti pada
gambar berikut!
Perhatikan
kembali gambar gendang dan tifa di bawah!
Dinding
gendang membentuk pola segitiga. Dinding tifa
membentuk pola segi empat dan segitiga.
Tentukan
bangun datar sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik
sudutnya!
Amatilah
gambar di bawah ini dengan teliti!
Pernahkah
kamu melakukan kegiatan seperti Dayu dan
teman-teman?
Comments
Post a Comment